Image-1597304289

10 Taman Kota di Jakarta untuk Kegiatan Seru Akhir Pekan

Pic by : bersapedah.wordpress.com

Akhir pekan jadi saat yang tepat untuk quality time bersama keluarga dan orang terdekat. Weekend juga jadi momen dimana Omiyagoes bisa lepas dari rutinitas tugas kuliah maupun pekerjaan di kantor. Untuk sekadar melepas penat dan mencari suasana baru, Omiyagoes bisa main ke berbagai taman kota yang ada di Jakarta lho, jadi enggak perlu keluarin budget besar. Pepohonan yang rindang dengan berbagai fasilitas taman bermain pun juga bisa digunakan untuk kegiatan olahraga, piknik maupun sekadar santai. Makanya OMIYAGO kasih rekomendasi nih, Taman Kota di Jakarta yang bisa Omiyagoes datangi untuk seseruan berakhir pekan. Yuk simak!

1. Taman Suropati

foto dok : backpackerjakarta

Dulunya Taman Suropati yang merupakan taman kota tertua di Jakarta dikenal dengan nama Burgemeester Bisschopplein yang diambil dari nama wali kota pertama Batavia. Taman Suropati ini sudah digunakan sebagai pusat kawasan hijau di Jakarta sejak tahun 1920 dan disebut-sebut sebagai titik nol Republik Indonesia. Tempat yang penuh sejarah ini juga sejak beberapa tahun lalu dihiasi dengan patung-patung karya pematung dari negara-negara pendiri ASEAN. Hingga kini Taman Suropati seringkali ramai saat akhir pekan, karena memang taman ini merupakan salah satu ikon yang cukup populer karena sering digunakan untuk aktivitas yoga bersama dan kegiatan kreatif anak-anak muda Jakarta. Oh ya, Taman Suropati dilengkapi oleh fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari WiFi spot hingga jajanan kuliner.

Lokasi :

Jl. Taman Suropati No.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

2. Taman Situlembang

foto dok : travel detik

Tak jauh dari Taman Suropati ada Taman Situlembang yang lokasi tepatnya ada di Jalan Lembang Terusan Nomor D-59, Menteng, Jakarta Pusat. Kalau Omiyagoes sering menyaksikan film Warkop DKI, pasti akan familiar dengan taman kota di Jakarta yang satu ini karena memang grup lawak legendaris itu sering menjadikan tempat ini sebagai lokasi syuting. Oh ya, ada salah satu hal yang membuat Taman Situlembang ini begitu menarik lho Omiyagoes. Adanya kolam air mancur yang cukup luas membuat Taman Situlembang ini terasa memiliki pemandangan yang menyegarkan seperti oase di tengah kota Jakarta. Makanya jadi rekomendasi salah satu taman kota di Jakarta yang bisa Omiyagoes datangi nih!

Lokasi :

Jl. Lembang Terusan No.D-59, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910

3. Taman Menteng

foto dok : traveloka

Kalau taman yang satu ini pastinya Omiyagoes tahu dong. Yup! Taman Menteng yang memiliki ciri khas rumah kaca uniknya ini merupakan salah satu destinasi kumpul favorit muda mudi Jakarta. Taman kota Jakarta yang terletak Jalan HOS Cokroaminoto memiliki area yang luas dan terbilang cukup lengkap. Tak hanya bisa buat jalan santai di pagi hari, Omiyagoes juga dapat menikmati sore hari sambil olahraga di jogging track, main di lapangan basket maupun lapangan futsal. Taman Menteng juga punya area bermain anak yang cocok kalau Omiyagoes ingin mengunjungi taman kota di Jakarta ini bersama anak.

Lokasi :

Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

4. Taman Dukuh Atas

foto dok : Koran Tempo

Taman Dukuh Atas merupakan salah satu ruang terbuka hijau baru di Jakarta. Lokasinya yang dekat dari pintu masuk dan keluar Stasiun Kereta Sudirman dan berada di area perkantoran depan gedung Landmark Centre, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat begitu strategis. Bukan hanya itu, taman ini juga berdekatan dengan Halte Transjakarta Dukuh Atas 1 dan 2 lho Omiyagoes. Kalau Omiyagoes main ke taman ini fasilitas utamanya memang area bermain skateboard. Kalau masih siang hari dan cuaca sedang terik tentunya akan terasa panas sekali, karena memang pohon yang ditanam belum menjulang tinggi. Namun Taman Dukuh Atas yang strategis lokasinya ini bisa untuk berbagai event kecil dan sekedar duduk melihat kemegahan gedung-gedung tinggi di Jakarta.

Lokasi :

Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat

5. Taman Tribeca

foto dok : central park

Kalau Omiyagoes termasuk tipe orang yang tak bisa jauh dari mall, namun tetap ingin menikmati suasana hijau dari sebuah taman kota datang aja ke Taman Tribeca yang lokasinya ada di tengah area Central Park Mall. Taman Tribeca ini sudah terkenal akan keasriannya Omiyagoes, baik dikunjungi saat pagi, siang maupun malam. Tak jarang karena lokasinya ada di dekat mall berbagai bazzar dan acara musik sering juga diadakan di Taman Tribeca ini, biasanya gratis alias tanpa dipungut biaya tiket masuk. Kalau datang ke sini Omiyagoes bisa menikmati segarnya pepohonan dan melihat pemandangan ikan koi di kolam. Alternatif taman kota di Jakarta ini pada saat-saat perayaan tertentu seperti di Bulan Ramadan ataupun Natal dan Tahun Baru juga sering mengadakan berbagai acara dan kegiatan.

Lokasi :                        

Jl. Letjen S. Parman No.28, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470

6. Taman Prasasti

foto dok : hargatiket.net

Taman ini cocok banget untuk Omiyagoes yang mencari sensasi berbeda saat berakhir pekan. Soalnya Taman Prasasti ini merupakan komplek pemakaman orang-orang Eropa yang dulu tinggal di Jakarta pada masa kolonial Hindia-Belanda. Disini Omiyagoes bisa melihat ragam batu nisan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pemandangan yang unik ini, Taman Prasasti cocok untuk Omiyagoes yang punya hobi fotografi dan videografi. Terdengar seru ya untuk sesekali untuk mengunjungi Taman Prasasti, apalagi tempat ini sekarang merupakan cagar budaya dengan koleksi miniatur makam khas dari berbagai provinsi di Indonesia, beserta koleksi kereta jenazah yang antik.

Lokasi :

Jl. Tanah Abang I No.1, RT.11/RW.8, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10160

7. Taman Cattleya

foto dok : Native Indonesia

Taman Cattleya menjadi salah satu taman kota terbesar di Jakarta dengan luas sekitar 3 hektar. Sesuai namanya yang terdengar cantik, Taman Cattleya ini diisi oleh ragam tanaman hias dan pepohonan yang rindang Omiyagoes. Taman kota di Jakarta ini juga begitu tertata rapi dan memiliki jogging track, area taman bermain anak, jalan setapak untuk sekedar jalan santai, kursi, dan danau buatan yang bakal menyejukan serta membuat suasana akhir pekan Omiyagoes di taman ini terasa semakin menyenangkan. Apalagi membawa anak kecil ke Taman Cattleya ini sambil piknik dekat danau bakal seru lho Omiyagoes.

Lokasi :

Jl. Letjen S.Parman, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480

8.  Taman Tabebuya

foto dok : tempat wisata

Pemandangan khas dari Taman Tabebuya adalah kolam teratainya Omiyagoes. Taman yang berlokasi di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan ini memang kerap menjadi salah satu taman kota favorit warga untuk bersantai. Taman ini sering dipakai untuk foto pra-wedding, anak sekolah, dan bahkan syuting film. Oh ya, selain kolam teratai yang menjadi ciri khas Taman Tabebuya, di sini terdapat salah satu pohon yang memang menjadi asal penamaan taman ini, yaitu Pohon Tabebuya. Pohon yang berasal dari Brasil ini memiliki bunga yang berwarna merah muda seperti bunga sakura. Namun, bunga tabebuya ini hanya mekar pada waktu-waktu tertentu saja Omiyagoes, biasanya bunganya mekar pada pertengahan sampai akhir musim penghujan.

Lokasi :

Jalan Moh Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan

9. Taman Kalijodo

foto dok : backpacker Jakarta

Taman Kalijodo yang ada di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara jadi salah satu ruang terbuka hijau dan taman yang cocok buat berakhir pekan. Apalagi taman kota di Jakarta ini terbilang cukup besar dengan luas hingga 1,4 hektar lho. Didalamnya juga terdapat banyak fasilitas yang bisa Omiyagies gunakan untuk ragam aktivitas outdoor. Salah satunya fasilitas skatepark dan BMX park yang digemari oleh anak muda. Buat mencapai Taman Kota Kalijodo, bahkan Omiyagoes bisa memanfaatkan moda transportasi bus yang tersedia di halte Monas. Jakarta yang biasanya penuh polusi saat akhir pekan pun terasa lebih sejuk dengan hijaunya pepohonan di sekitar taman ini. Serunya lagi Omiyagoes bisa menghabiskan waktu bersama dengan bermain ayunan, perosotan, dan kalau merasa tertantang bisa coba juga arena olahraga ekstrim skateboard dan sepeda rintang. Di taman kota ini juga tersedia aula untuk berbagai macam acara hiburan dan pengajaran.

Lokasi :

Jl Kepanduan II, Kelurahan Pejagalan Kecamatan Penjaringan

10. Taman Waduk Pluit

foto dok : jejakpiknik

Tak jauh dari Taman Kalijodo, Omiyagoes juga bisa menemukan taman kota Jakarta yang juga asri yaitu Taman Waduk Pluit. Taman ini memiliki pemandangan yang khas yaitu waduk Pluit dan panorama gedung-gedung bertingkat dari kejauhan. Sering kali Taman Waduk Pluit dimanfaatkan pengunjung untuk bertamasya sembari menghabiskan waktu bersama keluarga. Taman Waduk Pluit ini sudah ada sejak tahun 2013 lho Omiyagoes dan memiliki banyak fasilitas gratis yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah lintasan jogging, alat senam, lapangan basket, lapangan futsal, amphiteatre, dan taman bermain untuk anak-anak. Makanya dari anak-anak hingga orang dewasa bisa banget untuk menjadikan Taman Waduk Pluit tempat berakhir pekan.

Lokasi :

Jl. Pluit Tim. Raya No.12, RT.6/RW.5, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Jawa Barat 14450

Jadi akhir pekan nanti mau ke taman kota Jakarta yang mana dulu nih Omiyagoes? Berbagai taman kota yang tersebar di wilayah di Jakarta ini ada yang memiliki danau, pemandangan air mancur, kolam anggrek, ikan koi, sampai yang dekat dengan mall Omiyagoes tinggal pilih aja. Oh ya saat piknik atau ke taman kota biar enggak jajan sembarangan bawa camilan favorit juga yuk! Omiyagoes bisa pilih dan membeli secara online berbagai camilan khas Nusantara lewat OMIYAGO. Langsung aja cek ke website!

Share this Post: