Image-1496719681

4 Macam Beras dan Manfaatnya

Tahukah kamu, kalau ternyata beras tidak hanya berwarna putih seperti yang kita kenal biasanya? Dan apasajakah manfaat beras? Yuk, simak ulasan berikut!

Beras merupakan bahan makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia terutama beras putih. Kandungan berbagai macam nutrisi di dalamnya menyimpan manfaat sehat untuk tubuh. Bahan makanan ini memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Tapi tahukah kamu, kalau ternyata beras tidak hanya berwarna putih seperti yang kita kenal biasanya? Dan apasajakah manfaat beras? Yuk, simak ulasan berikut!

1.     Beras Putih

  

hargasumut.org

Beras putih merupakan makanan paling umum di Indonesia dan sebagian besar wilayah Asia. Beras putih merupakan makanan yang paling mudah untuk dicerna baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Beras ini memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai sumber karbohidrat dan bermanfaat untuk mengurangi gangguan pencernaan seperti diare serta radang usus besar.

2.    Beras Merah

  

vebma.com

Sesuai dengan namanya, beras ini dapat dikenali dengan warnanya yang merah. Warna merah tersebut berasal dari lapisan bekatul atau aleuron yang mengandung senyawa antosianin. Senyawa ini yang membuat beras berwarna merah. Perlu kita ketahui bahwa beras yang memiliki tekstur kasar ini perlu waktu yang lebih lama untuk memasaknya. Selain itu, beras merah juga memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibanding beras putih dan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Beragam manfaatnya, seperti menjaga jumlah zat besi dalam tubuh yang mengatur kadar gula darah dan insulin.

3.    Beras Hitam

 

alamtani.com

Bisa dibilang bahwa beras hitam merupakan beras yang langka. Beras hitam sering disebut forbidden rice. Pada zaman dahulu, beras ini khusus dikonsumsi keluarga bangsawan saja. Beras hitam bukanlah beras ketan hitam, karena keduanya berbeda. Beras ini mengandung senyawa antosianin yang sangat tinggi, sehingga beras yang dihasilkan berwarna hitam atau keunguan.  Beras hitam memiliki tekstur agak pera. Keistimewaan dari beras hitam dapat mencegah kanker dan memperbaiki fungsi hati dan ginjal. Selain itu, beras hitam mengandung vitamin E dengan kadar yang tinggi sehingga melindungi sel dari radikal bebas.

4.   Beras Cokelat

 

vebma.com

Jika dilihat sekilas beras ini memiliki bentuk dan warna agak mirip dengan beras merah. Dari segi tekstur, beras cokelat ini sama dengan beras putih. Namun, memiliki kadar pati yang rendah. Beras cokelat juga memiliki kandungan minyak sehat dalam makanan sehingga mampu mengurangi koresterol yang jahat di dalam tubuh.

Nah, itu tadi 4 macam beras beserta manfaatnya. Kira-kira kamu suka mengkonsumsi beras yang mana?

Sumber: https://www.berrykitchen.com/tips

Share this Post: