Image-1494402936

5 Kuliner Khas Gorontalo

Gorontalo merupakan sebuah provinsi di pulau Sulawesi. Memiliki beragam kuliner yang belum tentu bisa kamu temukan diluar kota ini. Jadi bagi kamu yang lagi berkunjung ke Gorontalo jangan sampai kelewatan untuk menikmati kuliner khasnya ya. Mau tahu apa saja kuliner khas Gorontalo? Check this out!

Binte Biluhuta

 

 masakandapurku.com

Dalam bahasa Indonesia, binte berarti jagung dan biluhuta berarti siraman yang apabila digabungkan binte biluhuta berarti jagung siram. Mungkin makanan ini masih terdengar asing bagi kamu. Namun, bagi masyarakat Gorontalo, binte biluhuta sudah menjadi yang sangat digemari.

Jika diperhatikan, makanan ini mirip seperti sop isi jagung yang sudah dipipil dengan tambahan parutan kelapa, daun bawang, daun kemangi, kucuran jeruk nipis, taburan bawang goreng serta selipan daging ikan cakalang yang membuat aroma makanan ini menjadi sangat istimewa.

 

Ilabulo

 

gastronomy-aficionado.com

Ilabulo adalah makanan khas Gorontalo yang biasa dijadikan menu utama pada waktu makan siang. Jika dilihat sekilas memang mirip sekali dengan pepes. Namun jika kamu cicipi rasanya sangat berbeda. Ilabulo terbuat dari sagu dan ati ayam yang dimasak dengan santan.

 

Ayam Iloni

 

travelingyuk.com 

Ayam Iloni merupakan ayam bakar khas Gorontalo. Yang membedakan Ayam Iloni berbeda dengan ayam bakar lainnya dalah dari cara memasaknya. Jika pada umunya ayam bakar dimasak dengan bumbu, namun Ayam Iloni dimasak dengan santan. Oleh karena itu Ayam Iloni memiliki rasa yang khas sehingga membuat kamu wajib untuk mencobanya ketika berkunjung ke Gorontalo.


Tili Aya

 

resepyummy.com

Merupakan makanan khas Gorontalo yang dibuat dari gula merah yang dicampur dengan telur dan ditambahkan dengan santan kelapa yang kemudian diaduk hingga rata dan dikukus hingga matang. Biasa makanan ini disajikan sebagai pelengkap nasi dan makanan pokok lainnya di acara adat atau acara-acara tertentu.


Kue Sabongi

 membuatkuebasah.com

Kue sabongi merupakan kue khas Gorontalo yang sudah ada sejak zaman raja-raja dahulu kala. Salah satu warisan dari nenek moyang masyarakat Gorontalo. Dibuat menggunakan bahan dasar singkong dan pisang. Jika dilihat sekilas mirip dengan kue bantal namun berbentuk bulat lonjong dan berisi pisang.

Itu tadi beberapa kuliner khas Gorontalo yang dapat omiyago ceritakan ke kamu, kalu #omiyagoes punya referensi kuliner yang lainnya dapat kamu share dibawah ya ~

Share this Post: