Image-1494402235

5 Kuliner Khas Sumatera Utara

Selain terkenal dengan Danau Toba yang menjadi ikonnya, di privinsi Sumatera Utara juga memiliki kuliner khas yang dapat kamu nikmati ketika berkunjung kesini. Nah, buat kamu yang butuh referensi kulineran di Sumatera Utara berikut Omiyago list buat kamu.

Sambal Tuktuk

 

tokomesin.com

Sambal Tuktuk adalah salah satu kuliner yang paling banyak diminati di Sumatera Utara dan merupakan sambal khas Batak Toba yang sangat istimewa. Yang menjadi ciri khas sambal ini adalah adanya andaliman. Andaliman sering digunakan dalam masakan khas Batak, orang-orang di luar Pulau Sumatera biasa menyebutnya sebagai merica Batak. Biasanya Sambal Tuktuk dicampur dengan ikan aso-aso (sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan), atau bisa diganti dengan ikan teri tawar.

 

Arsik

 

 indonesian-medan-food.blogspot.co.id

Merupakan makanan khas Tapanuli yang sangat popular dikalangan masyarakat Sumatera Utara. Biasa kita mengenalnya dengan masakan ikan mas dengan bumbu kuning. Dimasak menggunakan bumbu arsik yang sangat khas, mengandung beberapa bahan yang khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam cikala atau buah kecombrang, dan juga lengkuas dan serai. Cara memasakanya pun cukup mudah, yaitu ikan dilumuri dengan bumbu yang dihaluskan, kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agak mengering.

 

Manuk Napinadar

 

 wikipedia

Atau yang disebut dengan Ayam Napinadar adalah masakan khas Batak yang biasanya dihidangkan pada pesta adat tertentu. Yang membuat unik dari makanan ini adalah dari bahan yang digunakan untuk memasak. Yaitu dengan cara ayamnya harus dipanggang terlebih dahulu, setelah itu lalu disiram dengan saos spesial yakni darah ayam (manuk) itu sendiri, dan dicampur dengan andaliman, bawang putih bubuk (yang sudah digiling sampai halus) lalu dimasak.

 

Pelleng

 

google plus

Selanjutnya makanan khas Sumatera Utara yang wajib kamu coba adalah Pelleng. Makanan khas masyarakat Pakpak ini berupa nasi kuning dengan lauk ayam kampung yang telah dibumbui. Biasanya, makanan ini dihidangkan saat ada upacara atau perayaan tertentu seperti membuka ladang, hendak meminang, lulus ujian, dan lain sebagainya. Dibuat dari beberapa bahan berikut, yaitu beras, air, cabe, garam, kunyit, santan kelapa, bawang merah, bawang putih, asam dari jeruk nipis, daging ayam kampung, sere, jahe, daun asam jawa. Menurut masyarakat Pakpak sendiri, makanan khas Sumatera Utara ini paling cocok untuk dihidangkan di pagi hari atau ketika matahari terbit. Karena matahari terbit dilambangkan sebagai permulaan datangnya rejeki.

 

Kue Pohulpohul

 

log.viva.co.id

Kue khas Sumatera Utara yang satu ini memang wajib kamu coba. Makanan yang berasal dari Tapanuli ini memiliki bentuk yang sangat unik, yakni seperti kepalan jari. Itulah kenapa jajanan ini dinamakan dengan pohulpohul atau yang artinya kepalan. Masyarakat Batak biasa menyebutnya juga dengan Itak Pohulpohul. Bahan untuk membuatnya pun cukup sederhana, yaitu tepung beras, tepung ketan, gula merah, gula pasir, vanili bubuk, garam, daun pandan, dan sedikit air. Kue Pohulpohul biasanya juga dijadikan sebagai oleh-oleh untuk pihak keluarga yang datang berkunjung dalam rangka meminang.

Itu tadi beberapa kuliner khas Sumatera Utara yang dapat kamu jadikan referensi ketika ingin berkuliner disana. Jika kamu ada referensi makanan khas Sumatera Utara yang lainnya, kamu bisa comment dibawah ya 

Share this Post: