Image-1494314942

5 Manfaat Minum Kopi

“Awali harimu dengan secangkir kopi” Ya, itu adalah kata-kata yang sering terdengan ditelinga masyarakat luas. Mereka yang suka minum kopi beralasan, bahwa minum kopi di pagi hari dapat membuat pikiran lebih fresh dan meningkatkan suasana hati, yang hal ini sangat baik untuk mengawali aktivitas di pagi hari. Kopi juga diyakini masyarakat dapat mengurangi rasa kantuk, karena kandungan kafeinnya.

Namun, ada juga orang-orang yang menilai bahwa kopi adalah minuman tidak sehat karena kandungan kafeinnya yang kurang baik bagi kesehatan. Memang benar jika seseorang mengonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan. Namun jika mengkonsumsinya secara pas, kopi justru memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apasajakah itu?

1. Meningkatkan Semangat Kerja

Minum kopi dapat meningkatkan semangat kerja mu yang sering mengalami kecapean. Tentu saja, harus diikuti dengan konsumsi nutrisi tubuh seperti protein, karbohidrat dan lemak yang cukup dan vitamin. Dengan adanya kafein (caffeine) yang terkandung dalam kopi yang merupakan senyawa psikoaktif yang bersifat stimulan mampu memberikan “boost” bagi daya kerja dan semangat kerja mu.

2. Mengurangi Resiko Diabetes

Minum kopi terbukti mampu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes, khususnya diabetes tipe II yang sekarang ini sangat berbahaya. Diabetes tipe II adalah situasi yang terjadi bila tubuh mu mampu memproduksi insulin akan tetapi tubuh tidak mampu merespon dengan baik atau resistensi terhadap insulin. Dengan meminum kopi maka efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi hIAPP, , polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

3. Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, mungkin bisa dengan cara minum kopi. Kopi dapat membantu Anda mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan. Sebuah studi lama di tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

4. Mengurangi Resiko Stroke

Kafein memang terbukti mampu menaikkan tekanan darah, akan tetapi hanya dalam jumlah yang kecil, yaitu sekitar 3-4 mm/Hg. Hal itupun hanya merupakan efek tidak terlalu terbiasa minum kopi, untuk yang sering minum kopi, efek tersebut akan kembali normal. Beberapa orang mengatakan bahwa kamu tidak boleh terlalu percaya dengan mitos yang mengatakan bahwa minum kopi meningkatkan risiko terkena serangan jantung, bahkan faktanya, terbukti beberapa kasus terjadi bahwa minum kopi dalam dosis yang sesuai mampu mengobati ataupun mengurangi risiko terkena serangan jantung. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko terkena stroke sebesar 20 persen.

5. Kopi Dapat Meningkatan Memori Otak

Selain meningkatkan semangat kerja, minum kopi di pagi hari setelah sarapan pagi juga mampu meningkatkan kinerja otak dengan kata lain membuat kamu “lebih cerdas”. Saat kamu minum kopi di pagi hari, kafein dalam kopi akan masuk kedalam pembuluh darah kemudian mengalir kedalam otak. Kafein yang masuk kedalam otak, akan menghalangi kerja adenosin. Adenosin adalah senyawa neurotransmitter inhibitor. Saat hal tersebut terjadi, produksi neutrotransmitter lainnya seperti dopamin dan norepinephrin meningkat. Peningkatan kedua neutrotransmitter ini mampu meningkatkan kinerja sel-sel saraf (neuron) dalam otak.

Telah banyak percobaan yang menunjukkan manfaat minum kopi terhadap peningkatan fungsi dan kinerja otak. Peningkatan mulai dari segi ingatan (memori), mood,  agresivitas, semangat kerja, kecepatan reaksi atau impusl, dan kemampuan kognitif lainnya.

 

Share this Post: