Image-1494391798

5 Mie Ayam Legendaris di Yogyakarta

Ternyata bukan hanya Gudeg dan Bakpia yang menjadi kuliner khas Yogyakarta yang terkenal. Mie ayam juga menjadi kuliner khas Yogyakarta yang tidak boleh kamu lewatkan. Kota cantik ini memiliki puluhan warung mie ayam di setiap sudut kota yang tidak kalah saing dengan mie ayam dari kota lain. Saking enaknya, beberapa diantaranya pun terkenal hingga didengar oleh para wisatawan dalam negeri.

Nah, buat kamu yang suka makan mie ayam, berikut rangkuman mie ayam terenak yang direkomendasikan oleh team Omiyago:

1. Mie Ayam Tumini

 

hipwee[com]

Terkenal hingga ke penjuru negeri, Mie Ayam Bu Tumini dijuluki sebagai mie ayam ndeso yang telah berdiri lebih dari 20 tahun. Mie ayam ini disebut sebagai mie ayam terlezat di kawasan selatan Yogyakarta. Konon katanya mie ayam ini salah satu yang terenak di Asia tenggara dan dapat menjual hingga 700 mangkok. Mie buatan sendiri ini memiliki ukuran cukup tebal dan kenyal. Rasanya makin nikmat dengan siraman kaldu pekat yang diramu dengan rempah-rempah lengkap. Cita rasanyapun makin lengkap setelah diberi potongan ayam yang melimpah.

Lokasi: Jl. Imogiri Timur No.187, Giwangan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163

2. Mie Ayam Goreng Seyegan

 

jdfoodiary.blogspotco.id

Nah, ini dia salah satu pelopor mie ayam goreng di Yogyakarta. Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, tidak mengurangi kenikmatan dari mie ayam ini. Saat kamu sampai ditempat, kamu akan merasa takjub dengan rasanya. Rasa mie ayam goreng ini cenderung manis. Mienya kenyal dan memiliki diameter cukup besar dibandingkan mie ayam pada umumnya. Potongan ayam yang cukup besar dan rasanya yang cenderung manis serta sedikit rasa lada menambah kenikmatan mie ayam goreng ini.

Lokasi: Jl. Kebon Agung, Margokaton, Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55561

3. Mie Ayam Bangka Pak Apo

 

@streetfoodstories

Kuliner Yogyakarta yang satu ini terkenal memakai tauge rebus sebagai toping pelengkapnya. Tauge ini menjadi penambah sensasi renyah saat dimakan. Selain taugenya, mie ayam Bangka ini terkenal lembut dan kenyal. Rasa kaldunyanya pun sangat menyegarkan. Mie ayam Bangka Pak Apo ini menyediakan mie ayam dalam porsi sedang dan jumbo. Sudah dipastikan saat ke Yogyakarta, kamu harus banget mencicipi mie ayam ini.

Lokasi: Jl. Titi Bumi No.139, Banyuraden, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55293

4. Mie Ayam Pak Wiyono (Mie Ayam Sendowo)

 

ngadem[com]

Jika kamu mencari mie ayam dengan porsi yang cukup mengenyangkan dan harga yang hemat, kamu bisa mencicipi Mie ayam Pak Wiyono. Kuliner ini juga dikenal dengan nama mie ayam Sendowo karena terletak di daerah Sendowo. Meski tempatnya kecil, mie ayam Sendowo ini menawarkan mie ayam dengan porsi kuli. Saking banyaknya, tidak sedikit dari penikmat mie ayam yang kesusahan ketika mengaduk mie di dalam mangkok. Kuahnya kental bercitarasa bumbu yang begitu kuat, gurih dan manis akan membuat kamu ketagihan.   Salah satu keunikan dari mie ayam ini adalah kamu akan mendapati bakso goreng sebagai topingnya selain potongan ayam.

Lokasi: Jalan Sendowo F No.129, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

5. Mie Ayam Tunggal Rasa

 

ceritamakan[com]

Makan mie ayam pakai mangkuk? Sudah biasa. Bagi kamu yang tinggal di Yogyakarta, pasti tahu betul dengan mie ayam yang satu ini. Mie ayam ini terbilang unik dibandingkan dengan mie ayam lainnya. Warung mie ini menyajikan dua menu utama yaitu mie putih dan mie hijau yang disajikan di mangkok yang terbuat dari pangsit. Isiannya pun cukup lengkap mulai dari potongan ayam, sawi hijau, bakso, pangsit basah serta pangsit kering.

Lokasi: Jl. Serma Taruna Ramli Nomor 3, Gondokusuman, Kotabaru, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224 (tepatnya di depan SD Unggaran)

Share this Post: