Image-1494230790

5 Pilihan Bahan Pokok Pengganti Nasi Yang Dapat Kamu Nikmati Setiap Hari

Nasi merupakan bahan konsumsi wajib bagi masyarakat Indonesia, sampai ada yang mengatakan kalau tidak makan nasi namanya tidak makan! Namun bagi kamu yang bosan dengan mengkonsumsi nasi, berikut beberapa bahan pokok yang mengandung karbohidrat yang dapat menggantikan nasi.

 1.      Ubi

 

Ubi manis ternyata bisa dijadikan sumber karbohidrat. Selain itu, ada banyak manfaat baik yang didapatkan dari ubi. Salah satunya adalah kandungan karotenoid dalam ubi yang bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Bahkan, jika dikonsumsi secara berkala, ubi ampuh meredakan peradangan pada lambung dan mengobati maag. Cocok sekali untuk Anda para pekerja kantoran yang seringkali lupa makan.

2.      Sagu

Pinterest

Sagu adalah tepung atau olahan yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia atau "pohon sagu". Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua yang tinggal di pesisir. Biasanya sagu diolah menjadi Papeda yaitu makanan semacam bubur. Tepung sagu kaya dengan karbohidrat (pati) namun sangat miskin gizi lainnya.

3.      Singkong

 

Singkong atau yang biasa disebut ketela merupakan sejenis buah dari tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah. Salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa singkong jauh lebih banyak kandungan karbohidratnya dibandingkan dengan nasi. Selain itu singkong juga mengandung protein, lemak, mineral vitamin B, vitamin K, serat dan mengandung kalori yang sangat tinggi. Kandungan kalori yang tinggi di dalam singkong membuat singkong lebih lama saat dicerna oleh tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah lapar. Bagi Anda yang sedang diet, singkong sangat dianjurkan.

4.      Gembili

 

Bibitmurah[dot]net

Gembili merupakan salah satu jenis tanaman umbi serupa dengan ubi jalar, berukuran satu kepalan orang dewasa. Gembili memiliki kulit yang tipis dan berwarna coklat muda. Biasa dimakan dengan cara direbus atau dikukus, teksturnya gembur. Selain mengandung karbohidrat, gembili juga memiliki kandungan nutrisi yang lain seperti protein, lemak, zat besi, vitamin A, dll.

5.      Jagung

 

Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat selain gandum dan padi. Tidak hanya untuk dikomsumsi ternyata jagung juga mempunyai banyak manfaat, baik bagi kesehatan ataupun sebagai obat herbal. Jika anda sedang menjalankan program diet, jagung merupakan sumber energi pengganti nasi. Karena dalam jagung terkandung karbohindrat dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Share this Post: