Image-1585908625

6 Kreasi Minuman Jahe untuk Jaga Imunitas Tubuh

Pic by MyWeekendKitchen

Tak hanya membuat tubuh hangat, minuman jahe punya beragam khasiat. Minuman jahe sangat baik dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh, apalagi di tengah musim pandemi corona atau covid-19 seperti sekarang ini. Nah, biar enggak bosan sama minuman jahe yang sekarang sudah banyak dijual instan, Omiyagoes bisa lho membuatnya menjadi beragam kreasi minuman jahe yang akan terasa lebih enak. Bahkan dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Apa aja ya? Daripada penasaran, yuk langsung simak!

1. Minuman Jahe Lemon – Membantu Relaksasi

foto dok : 31daily

Kreasi pertama untuk ide membuat minuman jahe adalah mengkombinasikannya dengan jeruk lemon menjadi minuman jahe dan lemon yang cocok untuk diminum pagi hari. Apalagi untuk para ibu hamil yang kerap merasakan mual atau morning sickness di pagi hari, mengkonsumsi jahe bersama tambahan perasan jeruk lemon bisa meredakan mual. Cara membuat kreasi minuman jahe lemon sangatlah mudah. Pertama bersihkan beberapa ruas jahe untuk kemudian digeprek dan direbus dengan air hingga mendidih. Selanjutnya campurkan sari minuman jahe yang sudah mendidih tadi dengan perasan jeruk nipis. Minuman jahe lemon juga bisa lebih sederhana dibuat karena saat ini pun banyak yang menjual jahe dalam bentuk bubuk. Sehingga hanya perlu diseduh saja lalu campurkan langsung dengan perasan jeruk lemon yang kaya akan vitamin C.

2. Minuman Susu Jahe – Menghangatkan dan Membantu Tidur Nyenyak

foto dok : pinterest

Selanjutnya untuk kreasi minuman jahe yang bisa Omiyagoes buat di rumah adalah mencampur rempah jahe dengan susu. Apalagi kalau rempah jahe yang dikenal sebagai antibiotik alami ini menggunakan jahe merah yang menurut beberapa penelitian memiliki manfaat yang lebih baik dibanding jahe putih. Tambahkan air jahe yang sudah direbus mendidih dengan satu cangkir susu murni yang di dalamnya mengandung beragam nutrisi yakni kalori, protein, lemak, kalsium, vitamin D, fosfor, selenium, vitamin A, magnesium dan vitamin B12. Tentu saja selain akan membuat tenggorokan hangat, perpaduan jahe dengan susu akan memberikan sekaligur beragam nutrisi untuk menambah daya tahan tubuh.

3. Minuman Smoothies Jahe Wortel – Menjadi Sumber Energi

foto by : culinary ginger

Untuk Omiyagos yang hobi mengkonsumsi minuman smoothies, rempah jahe juga bisa jadi campurannya lho! Nah, untuk memberikan manfaat yang lebih smoothies jahe yang direkomendasikan adalah membuatnya bersama jus wortel segar. Preferensi sayuran wortel yang kaya akan vitamin A ini cocok banget dengan rasa pedas jahe yang ikut memberikan sensasi segar. Namun tak lupa supaya rasanya enak ditambahkan dengan madu dan yogurt agar sedikit terasa asam dan manis. Cara membuatnya pun mudah banget! Tambahkan jahe yang sudah diiris atau bisa juga Jahe Merah Instant OMIYAGO dengan segelas air dan 2 buah sayuran wortel, lalu tambahkan juga yogurt sesuai selera. Minuman smoothies jahe dan wortel pun siap buat dinikmati!

4. Infused Jahe – Memberi Energi dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

foto dok by : Muchemi 

Omiyagoes pasti tahu dong kalau infused water dalam beberapa tahun begitu banyak direkomendasikan sebagai minuman sehari-hari. Mulai dari buah-buahan dan sayuran seperti ketimun bisa dijadikan infused water. Nah, cobain juga cara praktis untuk membuat minuman jahe dengan menjadikannya infused ginger atau infused jahe. Membuatnya pun sangat mudah Omiyagoes cukup mengiris beberapa ruas jahe untuk direndam dalam air minum dan agar rasanya lebih enak tambahkan juga irisan jeruk lemon. Khasiat baik yang ada pada rempah jahe pun bisa Omiyagoes nikmati lebih ringan tanpa harus merebusnya menjadi wedang jahe. Selain itu infused ginger juga enak dinikmati dingin dan disimpan dalam lemari es dulu.  

5. Minuman Jahe Madu – Menenangkan dan Melegakan Tenggorokan

foto dok : smalfoodprintfamily.com

Rempah jahe yang dikenal sebagai antibiotik alami ini sebenarnya memiliki beragam jenis dan yang paling dikenal adalah jenis jahe putih dan jahe merah. Nah, untuk jahe merah yang kaya akan khasiat akan cocok juga jika dibuat menjadi minuman jahe madu. Madu sendiri selain sebagai pemanis alami untuk minuman jahe, juga punya khasiat dan bisa sebagai sumber energI tubuh. Madu juga menjadi tambahan stamina, apalagi kandungan vitamin C di dalamnya bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah kondisi pandemic corona. Kandungan dekstrometorfan dalam madu dapat meredakan batuk serta memberikan ketenangan saat tidur, karena itu minuman jahe madu ini cocok dikonsumsi sebelum Anda tidur. 

6. Minuman Jahe dengan Rempah Sereh dan Kayu Manis – Menjaga Berat Badan dan Menjaga Imunitas

foto dok : thehungryhounds

Minuman jahe lainnya yang direkomendasikan adalah perpaduan Jahe dengan rempah alami seperti sereh dan kayu manis. Rempah kayu manis dari sisi kesehatan dan kecantikan bisa dijadikan obat-obatan alternative termasuk membantu penurunan lemak atau pengurangan lingkar pinggang. Kayu manis juga bisa membantu mengurangi respons negatif tubuh terhadap makan makanan berlemak tinggi yang mengakibatkan penambahan berat badan. Sementara untuk rempah sereh yang dicampurkan pada minuman jahe akan mencegah infeksi, menurunkan kolesterol, bisa menenangkan. Kandungan asam folat, riboflavin, vitamin A, vitamin C, kalium, besi, dan mangan pada serai, akan memberikan dampak imunitas tubuh menjadi kuat. Serai yang ditambahkan pada minuman jahe juga memiliki berbagai khasiat seperti antijamur, antipereretik, analgesik, serta antioksidan.

Sekarang Omiyagoes jadi punya banyak ide dong untuk membuat minuman jahe sendiri di rumah? Apalagi sekarang ada Jahe Merah Instant OMIYAGO yang praktis higienis bisa langsung seduh dan dapat ditambahkan dengan beragam kreasi minuman jahe tadi. Jadi mau buat variasi minuman jahe yang mana dulu nih Omiyagoes? Oh ya selain bisa dibeli melalui website OMIYAGO, Jahe merah Instant OMIYAGO juga bisa dipesan melalui Tokopedia, Shopee, Lazada, dan berbagai marketplace lainnya!

Share this Post: