Image-1494233289

6 Manfaat Kesehatan dari Kacang Mete

Banyak yang mengatakan bahwa terlalu banyak makan kacang akan menyebabkan kolesterol serta meningkatkan asam urat. Padahal kita ketahui, kacang merupakan penganan yang dihasilkan dari tumbuhan. Lalu, apakah benar jika memakan kacang mete akan mengakibatkan kesehatan kita memburuk?

Sebenarnya, jenis kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan sehat yang banyak digemari. Salah satunya adalah Kacang Mete. Kacang mete memiliki rasa yang gurih dengan kombinasi manis.

Yuk, kita cek 6 manfaat mengkonsumsi Kacang Mete:

1. Mengontrol Berat Badan

Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat tinggi kandungan lemaknya, bahkan lebih rendah dibandingkan dengan kacang tanah, almond dan jenis kacang lainnya. Namun tidak perlu khawatir, 75% kandungannya adalah lemak tak jenuh (HDL) atau lemak baik yang baik bagi tubuh. Mereka yang mengkonsumsi kacang mete dua kali seminggu cenderung terhindar dari kegemukan.

2. Menutrisi Rambut dan Kulit

Kacang mete kaya akan kandungan mineral tembaga yang merupakan komponen penting penyusun tirosinase yang bertugas mengkonversi melanin yaitu pigmen yang menjaga kesehatan rambut dan kulit warna. Tanpa kacang mete, tembaga begitu melimpah, enzim akan kesulitan melakukan pekerjaannya.

3. Mencegah Kanker

Kacang mete memiliki kandungan proanthocyanidins, jenis flavanol yang terbukti dapat mencegah sel kanker bereproduksi dan mematikan sel tumor. Hasil studi juga menunjukkan bahwa kadar tembaga yang tinggi pada kacang mete mampu menangkal radikal bebas serta merupakan sumber antiokasidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang mete mengandung asam oleat yang berlimpah yang baik untuk kesehatan tubuh. Jenis lemak tak jenuh tunggal ini membantu meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi tingkat trigliserida yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga dapat mengurangi resiko jantung koroner dan kardiovaskuler. Selain itu, magnesium yang terkandung dalam kacang mede juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung.

5. Merawat Kesehatan Tulang

Ternyata tidak hanya kalsium yang berguna untuk memperkuat tulang. Magnesium serta tembaga yang yang ditemukan dalam kacang mete memberikan fleksibilitas pada tulang dan sendi.

 6. Energi Booster

Kacang mete memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Tidak heran jika kacang mete menjadi nutrisi yang sangat baik bagi jika kita merasa kekurangan energi. Kalori adalah sumber energi utama yang dapat meningkatkan stamina dan energi untuk beraktivitas.

 

Buat kamu yang pengen dapetin Kacang Mete dan ga mau ribet, bisa cek langsung di Omiyago

Share this Post: