Image-1584677905

7 Camilan Khas Nusantara yang Jadi Kekinian

Pic by whattocooktoday

Saat masih kecil dulu Omiyagoes inget enggak sih, camilan khas apa yang sering jadi kudapan? Pasti inget dong, apalagi kalau itu camilan atau jajanan yang dulu sering ada ketika kumpul keluarga. Seperti Rengginang yang sering ada di meja tamu, kue Wajik dan Yangko dengan tekstur kenyal lembutnya, sampai Lumpia khas Semarang. Semuanya bahkan sampai sekarang ini jadi kekinian lho Omiyagoes. Bukan hanya preferensi rasa yang nambah tapi bentuknya atau olahannya jadi beda. Apa aja? Penasaran tentunya, yuk simak aja tujuh camilan khas Indonesia yang jadi kekinian berikut ini!

1. Wajik 

Wajik sendiri merupakan kudapan khas dari daerah Jawa Tengah, namun di Sumatera ada juga camilan sejenis Wajik yang berasal dari ketan disebut Pulut Manis. Wajik dibuat dari beras ketan yang diolah bersama gula merah asli sehingga menghasilkan Wajik bertekstur lembut dan terasa manis. Nah, Wajik yang merupakan salah satu camilan khas Nusantara sekarang enggak cuma terasa manis aja Omiyagoes, camilan Wajik menjadi unik berkat perpaduan rasa buah seperti dipadu durian, pandan, bahkan keju. Salah satu wajik yang terkenal adalah dari brand Wajik Azalea yang merupakan produk dari Medan. Sesekali Omiyagoes boleh coba perbedaan rasa Wajik ini dengan wajik dari tanah Jawa yang sudah sangat familiar. Jangan lupa memesannya di OMIYAGO.

2. Rengginang 

Ada yang bilang Rengginang itu asalnya kudapan orang Betawi, tapi kalau Omiyagoes perhatikan di Jawa, Rengginang juga terkenal sebagai camilan sehari-hari lho! Seringnya disajikan dalam toples di ruang tamu buat iseng kalau lagi nonton TV. Awalnya Rengginang terbuat dari kerak nasi yang tidak dimakan lagi namun diolah dengan cara dijemur dan digoreng hingga garing. Nah, sekarang berbagai brand dari UMKM Indonesia membuat Rengginang jadi spesial. Kalau dulu Rengginang digoreng tanpa diberi bumbu maupun rasa, sekarang Rengginang diolah dengan berbagai bumbu antara lain bumbu pedas, keju, dan berpadu balutan coklat. Salah satunya Rengginang keju dari brand Giginang dan Rengginang rasa cokelat dan buah naga salted egg dari Obugame yang asli Banyuwangi, semuanya bisa dibeli di OMIYAGO lho.

3. Bakpia

Bakpia sudah sangat populer sebagai oleh-oleh khas kota Yogyakarta, tapi Omiyagoes tau enggak sih kalau Bakpia sekarang punya aneka rasa? Bahkan nih, sekarang ada jenis baru yang namanya Bakpia Kukus dari brand Tugu Jogja. Beda dari jenis Bakpia biasa, tekstur kulit dan isian Bakpia kukus lebih lembut dari Bakpia pada umumnya dan mirip bolu karena hasil dari proses kukus. Enggak cuma tekstur luarnya yang beda, Bakpia Kukus juga punya pilihan rasa mulai dari cokelat, kacang hijau, keju, dan kacang merah. Penasaran kan? Yuk cobain dan pesan di OMIYAGO!

4. Lumpia 

Belum ke Semarang namanya kalau enggak mencicip lumpia. Garing di luar dengan isian rebung dan khas rasa sausnya bakal sulit dilupakan lidah. Tapi, sekarang menikmati lumpia, enggak harus dalam bentuk asli lumpia namun bisa dalam bentuk keripik yang bisa dinikmati setiap hari bahkan mudah dibawa ke mana-mana. Omiyagoes harus cobain nih yang namanya Keripik Lunpia Cik Me Me sebagai keripik istimewa, oleh-oleh khas dari Semarang. Teksturnya garing, renyah dan terasa gurih. Kelezatan citarasa keripik lumpia ini menjadi inovasi baru yang diolah dan dikreasikan oleh Cik Me Me generasi ke-3 Lumpia Mataram dan generasi ke-5 Lumpia Semarang untuk melestarikan tradisi budaya kuliner Indonesia. Lumpia dalam bentuk keripik ini digoreng dengan minyak non kolesterol, Keripik Lunpia Cik Me Me tersedia dalam dua rasa yaitu original dan pedas.

5. Yangko

Satu lagi yang sering jadi oleh-oleh kalau habis liburan ke Semarang maupun Yogyakarta! Ada camilan Yangko yang teksturnya kenyal dan berwarna-warni terbuat dari tepung ketan yang dibalur gula tepung. Tapi untuk versi Yangko kekinian bakalan beda nih Omiyagoes. Salah satunya kalau mencoba Yangko Story Matcha, Omiyagoes bakalan menemukan Yangko berbentuk kotak hasil dari yangko lembaran yang digulung kemudian dipotong potong, keunikannya ada pada tambahan kacang tanah yang dihancurkan sebagai isiannya dan bagian luarnya dengan rasa matcha. Yangko Kacang ini merupakan produk oleh-oleh dari Semarang yang harus dibawa karena keunikannya tidak ditemukan di kota lain. Selain rasa matcha, Yangko Story Ovomaltine dan Yangko Story Nutella enak juga lho! Jadi kepingin kan Omiyagoes?

6. Bipang 

Namanya mungkin agak asing bagi Omiyagoes. Tapi kalau melihat langsung camilan oleh-oleh khas Pasuruan ini akan langsung teringat dengan jajanan waktu masih kecil. Camilan Bipang biasa disebut dengan puff rice cakes yang memiliki tekstur renyah, rasanya manis dan ada aroma wanginya. Kalau dulu Bipang hanya memiliki rasa manis saja, sekarang Omiyagoes harus cobain Bipang Jangkar yang memiliki berbagai varian rasa seperti rasa original, mangga, coffee cream, strawberry, melon, kelapa, bahkan ada yang perpaduan jagung karamel, jahe kacang, dan kacang vanilla.

7. Dodol 

Dodol memang terkenalnya dari Garut Omiyagoes! Tapi ada banyak daerah lain di Indonesia yang juga memiliki Dodol khas dengan bahan utama tambahan seperti kentang maupun ubi. Meski begitu ada brand Dodol paling terkenal dari kota Garut yang teksturnya kenyal dan rasa manisnya pas. Makanan tradisional yang cukup populer dan jadi ikon kota Garut ini, salah satu brand terkenalnya adalah Dodol Garut Picnic yang bisa Omiyagoes dapat dengan berbagai varian rasa yang wajib dicoba, rasa buah durian, wijen, cokelat, hingga susu.

Wah, ternyata camilan khas Indonesia banyak yang sekarang dimodifikasi ya, baik bentuk maupun rasanya. Kalau Omiyagoes penasaran coba yang mana nih? Pasti ada dong salah satu camilan kekinian yang khas menjadi favoritnya Omiyagoes? Ingin mencoba langsung atau membelinya sebagai oleh-oleh? Langsung saja meluncur ke web OMIYAGO.

Share this Post: