Image-1581414610

7 Tradisi Unik Valentine di Berbagai Negara

Pic by : Pinterest

Cokelat dan bunga, dua hal yang identik dengan Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang. Di balik tradisi memberikan cokelat dan bunga kepada orang tersayang ini, sebenarnya ada banyak tradisi unik dari seluruh dunia yang dilakukan saat Valentine’s Day lho Omiyagoes. Mulai dari menjadikannya sebagai hari cokelat nasional, sampai perayaan aneh seperti dijadikannya sebagai moment pernikahan masal. Penasaran kan Omiyagoes? Yuk simak aja beberapa tradisi unik Valentine yang ada di seluruh dunia berikut ini!

1. Prancis – Perayaan di dekat Eiffel

Foto dok : Habiter

Di Prancis perayaan Valentine bermula saat Charles, Duke of Orleans, mengirimkan surat cinta pada istrinya yang sedang dipenjara di Tower of London pada tahun 1415. Surat itu kemudian menjadi cikal bakal kartu Valentine pada zaman sekarang. Nah, biasanya saat Valentine ada perayaan besar di sekitar Eiffel. Pemandangan Menara Eiffel yang megah dan taman di sekelilingnya sering menjadi tempat para pasangan untuk menghabiskan waktu bersama di sini. Namun ada tradisi Valentine yang aneh di Prancis yaitu saat para wanita berkumpul di sekitar api unggun dan membakar semua foto pria yang menolak mereka.

2. Italia – Menempelkan Gembok Cinta

Foto dok : India.com

Dijuluki sebagai salah satu negara paling romantis di dunia, karena masyarakatnya suka mengekspresikan cinta dalam bentuk nyata. Perayaan Valentine di Italia termasuk unik lho! Dikenal sebagai La Festa Degli Innamorati di Italia Valentine merupakan saat ketika sepasang kekasih menyatakan cinta mereka satu sama lain dengan menempelkan gembok yang bertuliskan nama kedua pasangan ke pagar jembatan. Kuncinya lalu dibuang ke dalam air. Para pasangan juga memberikan bunga dan cokelat. Wah, romantis banget ya Omiyagoes orang Italia?

3. Slovenia – Berkebun

Foto dok : India.com

Di negara Slovenia, merayakan Valentine berarti berkebun! Tradisi di negara pesisir sub-Alpin Eropa ini ditenggarai tanaman yang mulai tumbuh lagi pada pertengahan Februari. Tradisi berkebun yang dimulai sejak Valentine ini juga mengungkap bahwa ada hubungan antara tumbuhan yang mulai mekar perlahan-lahan dengan Hari Kasih Sayang. Pada tanggal 14 Februari tanah di Slovenia mungkin masih membeku, namun hati orang-orang dan masyarakatnya yang mulai mencair berkat kedatangan musim semi dan hari Valentine.

4. Inggris – Meletakkan Daun di Atas Bantal

Foto dok : dissolve

Masyarakat di Inggris punya kebiasaan membelikan kartu ucapan dan cokelat untuk orang tersayang sama seperti umumnya warga dunia merayakan Valentine. Tapi ada uniknya nih Omiyagoes, yaitu para wanita di Inggris punya kebiasaan untuk menaruh 5 lembar daun di atas bantal tidur mereka, agar bermimpi tentang suami mereka di masa depan. Selain itu pada saat Valentine akan ada tokoh seperti Santa Claus saat Valentine bernama Jack Valentine. Sosok ini akan mengetuk pintu setiap rumah anak-anak dan menaruh permen atau hadiah kecil di dalam rumah.

5. Tiongkok – Mengukir Melon

Foto dok : newswire

Valentine di Negeri Tirai Bambu bukan dirayakan tepat pada tanggal 14 Februari Omiyagoes, tapi pada saat Qi Xi atau disebut Festival Malam Ketujuh yang jatuh pada hari ketujuh bulan lunar setiap tahunnya. Hari yang dikenal sebagai Valentine’s China ini dirayakan berdasarkan legenda China yaitu cerita tentang putri surgawi Zhinu yang jatuh cinta kepada Niulang yang merupakan gembala miskin. Dengan akhir percintaan yang tidak disetujui sang ayah membawa sang putri ke khayangan kembali. Selama Qi Xi, para wanita muda menyiapkan persembahan berupa melon yang diukir dan buah-buah lainnya untuk putri surgawi dengan harapan dapat menemukan suami yang baik untuknya. Kemudian pada malam harinya, orang-orang pun melihat ke langit untuk menonton saat bintang Vega dan Altair yang diibaratkan sebagai Zhinu dan Niulang.

6. Jepang – Para Wanita Memberi Cokelat Kepada Pria

Foto dok : hisgo

Valentine’s Day bagi kaum hawa di Jepang merupakan momen memberikan cokelat kepada pria. Biasanya para wanita membagi dua jenis cokelat, satu berupa honmei choco untuk sang belahan jiwa dan lainnya choco girl yang diberikan kepada sahabat terdekat. Nah, di Jepang memang hanya pria yang akan mendapatkan cokelat, namun pada saat White Day para pria akan membalas memberikan cokelat kepada para wanita yaitu sebulan setelahnya di tanggal 14 Maret. Nah di Jepang ini memang unik karena ada juga tradisi Sanbaigaeshi dimana pria harus memberikan hadiah balasan sebanyak tiga kali lipat dari hadiah yang diterima saat Valentine.

7. Filipina – Pernikahan Masal

Foto dok : Andres P Tamayo

Tradisi Valentine di Filipina enggak kalah unik nih Omiyagoes!  Akan ada pernikahan massal sekitar ratusan hingga ribuan pasangan. Mereka akan berkumpul di satu tempat kemudian seorang pendeta akan memimpin upacara pernikahan untuk mereka. Seperti sudah menjadi tradisi, bahkan Filipina pernah memecahkan rekor pernikahan massal terbanyak lho Omiyagoes! Pesertanya hingga 2000 pasangan yang baru mengikat janji dan pasangan yang sudah menikah dan ingin memperbarui sumpah pernikahan mereka.

Wah! Unik-unik ya ternyata tradisi merayakan Valentine yang ada di berbagai negara tadi. Setelah tahu Omiyagoes jadi punya inspirasi apa nih untuk memberi kejutan saat merayakan Hari Kasih Sayang nanti? Masih suka memberi hadiah cokelat? Omiyagoes bisa lho memberi hadiah orang tersayang dengan mengirimkan bingkisan Valentine berupa cokelat maupun camilan cokelat yang ada di OMIYAGO. Yuk langsung aja cek di website!

Share this Post: