Image-1510202023

Aneka Masakkan Berbahan Salak

Hey omiyagoes! Kalian pasti tau dan tidak asing dong dengan buah Salak? Salak adalah buah lokal khas Indonesia asalnya dari Pulau Jawa dan Sumatera. Kini sebarannya bisa ditemukan hampir diseluruh wilayah Indonesia. Bentuk buah salak seperti kerucut dengan ujung membulat dan pangkalnya mengerucut tajam. Kulitnya berwarna coklat hingga cokelat kehitaman, bersisik dan permukaannya ditumbuhi duri halus yang tajam. Daging buah salak berwarna putih kekuningan, rasanya manis sedikit sepat.

Dalam bahasa Inggris buah salak disebut dengan nama yang sama, yaitu “salak” tapi kadang-kadang disebut juga sebagai “buah ular” (snake fruit). Sebutan ini mengacu pada kulitnya yang menyerupai kulit ular. Selain di Indonesia, buah salak dibudidayakan secara meluas di negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand dan Filipina.

Tapi taukah kalian? kalau salak ternyata sekarang tidak hanya bisa dimakan dalam bentuk buah loh, tapi ada yang sudah diolah menjadi cake dan sambal! Hmm, pasti penasaran kan? Yap, di Omiyago, kamu bisa menemukan beragam makanan yang berbahan dasar salak!

Apa sajakah itu? Yuk kita cek dibawah ini!

1.     Cake Salak

 

Cake Salak merupakan kue dengan perpaduan antara lembutnya Cake yang legit dengan cincangan buah salak segar yang menimbulkan rasa manis asam segar di dalamnya. Cake Salak memiliki 3 varian rasa yaitu Original, Keju dan Almond. Cake Salak Original memiliki rasa yang original namun dicampur dengan kismis. Selain rasanya yang enak, cake ini juga sangat baik untuk kesehatan. Bagi yang menyukai cake, cake salak ini termasuk pilihan yang unik dan layak loh untuk dicoba. Oh iya, for your information, cake salak ini merupakan salah satu kue khas asli dari Balikpapan. Kalau kalian ingin tau lebih detailnya, bisa langsung cek disini

2.    Brownies Salak

 

Brownies itu sendiri merupakan salah satu kue khas Negeri Paman Sam (Amerika). Brownies merupakan salah satu jenis roti namun memiliki bentuk yang bantet dan terbuat dari coklat sehingga dinamakan brownish (kecoklatan) atau biasa disebut brownies. Bahan-bahan pembuat brownies memang didominasi oleh bahan-bahan coklat, seperti coklat bubuk, kokoa, coklat cair, dark chocolate, coklat pasta, serta susu coklat. Cara memasak brownies ialah dengan dikukus di dalam oven pada suhu tertentu dan waktu yang telah ditentukan pula. Brownies ini sendiri digemari oleh semua kalangan, dari orangtua sampai anak-anak.

Sekarang brownies telah dimodifikasi menjadi bermacam-macam rasa dengan penambahan bahan-bahan seperti keju, strawberry, blueberry, kacang, kopi, dan lain-lain. Cara pembuatannya pun tidak hanya dibakar atau dioven, tetapi juga bisa dikukus, bahkan ada brownies yang tidak perlu dimasak sama sekali, karena bahan-bahannya sudah siap makan, seperti wafer dan susu kental manis.

Tapi taukah kalian bahwa sekarang ada loh, Brownies yang terbuat dari salak? Sesuai dengan namanya, Brownies Salak dibuat dari bahan dasar tepung yang bercampurkan salak yang sudah dipotong kecil-kecil dan bertabur keju. Memiliki rasa yang asam, manis, dan segar. Yap, di omiyago , sekarang tersedia Brownies salak, yang rasanya tidak kalah enaknya dengan brownies coklat. Penasaran kan? Yuk langsung cek disini.

3.    Sambel Ulek Salak

 

Kalian pasti tidak asing dong dengan sambal? Bagi yang suka makanan pedas, rata-rata pasti menyukai dan menjadikan sambal untuk pelengkap makanan agar terasa lebih nikmat. Sambal adalah saus pedas dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi. Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada beberapa macam variasi sambal yang tidak asing seperti sambal uleg, sambal udang, sambal teri, sambal kecap dan masih banyak lainnya.

Tapi taukah kalian kalau ternyata buah salak bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat sambel uleg? Sesuai dengan namanya, sambal ini diolah dengan bahan dasar salak yang dicampur dengan bahan rempah lainnya, kemudian diulek menjadi sambal. Rasa yang khas yaitu pedas, dan bercampur rasa salak yang lacak untuk dicoba bagi pecinta sambal! Penasaran kan? Yuk langsung cek disini

Itu tadi adalah beberapa pilihan makanan baru yang terbuat dari salak. Bagi kalian yang mempunyai referensi atau ide lain, boleh tulis di kolom komentar ya! 

Share this Post: