Image-1503903589

Apa Sih Pentingnya Makan Tepat Waktu?

Tak banyak dari kita yang tahu kapan waktu yang tepat untuk makan pagi, siang ataoun malam. Padahal dengan makan tepat waktu, dapat menjaga kesehatan tubuh. Makan di jam yang tepat ternyata penting bagi metabolisme untuk mencerna dan menyerap gizi dari makanan yang dibutuhkan tubuh.

Makan Pagi

Makan pagi atau sarapan merupakan aktivitas yang penting untuk kamu lakukan. Selain membuat tubuh berenergi, sarapan dapat memberikan efek positif seperti mengontrol berat badan dan meningkatkan konsentrasi serta kinerja otak.

Sarapan baik dilakukan 30 menit setelah bangun pagi. Waktu yang tepat untuk makan pagi ialah antara pukul 07.00–09.00. Pilihlah makanan sehat yang ringan, yang penting memenuhi kebutuhan gizimu seperti oatmel, roti, pisang, atau biji-bijian.

Makan Siang

Waktu yang disarankan untuk melakukan aktivitas makan siang ialah sekitar pukul 12.30–14.00 dan berhenti sebelum pukul 16.00. Jarak ideal untuk makan pagi dan makan siang adalah 4 jam. Pastikan juga makan siangmu terdiri dari menu-menu makanan sehat yang mengandung nutrisi lengkap seperti protein, karbohidrat, serta biji-bijian yang dapat membuat tubuh senantiasa berenergi untuk melanjutkan hari.

Makan Malam

Pilihlah waktu makan malam yang tepat antara pukul 18.00–20.00. Pastikan juga kamu berhenti makan minimal 3 jam sebelum tidur agar makanan dapat dicerna dengan tuntas sehingga tidak membusuk di lambung atau usus kecil. Waktu makan yang berdekatan dengan tidur menyebabkan naiknya asam lambung ke esofagus. Saat tidur, aktivitas pencernaan akan berhenti. Secara otomatis makanan yang masuk sebelum tidur akan tertahan di lambung dan meningkatkan jumlah asam lambung.

Banyak orang masih salah sangka mengira makan malam dapat membuat mereka gemuk, padahal membiarkan perutmu lapar pada malam hari justru membuat tubuh susah tidur dan berisiko terjaga di malam hari. Dengan memastikan pola makan yang teratur setiap harinya, kerja tubuh akan menjadi lebih teratur dan tidak mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

 

Sumber:https://blog.kulina.id/sudah-tahu-pentingnya-makan-tepat-waktu-d8ba187aeb4b

Share this Post: