Image-1494232214

Asal Usul Kue Mochi

Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Kue ini sudah digunakan untuk perayaan tahun baru bagi para bangsawan Jepang selama periode Heian (tahun 794 - 1185). Mau tau sejarah lengkap tentang mochi?

Mochi berasal dari kata kerja "motsu" yaitu untuk menahan atau memiliki, menandakan bahwa mochi adalah makanan yang diberikan oleh para dewa. Ada pula kata "mochizuki" yang berarti bulan purnama dan ada orang yang menyebutnya "muchimi" yang berarti lengket. Petani Jepang jaman dulu memakan mochi pada musim dingin untuk meningkatkan stamina mereka. Dan para samurai suka dengan mochi karena mudah untuk disiapkan dan dibawa kemana-mana. Katanya suara mochi yang ditumbuk adalah tanda bahwa mereka hendak pergi ke medan perang. Pada awal abad ke 10, berbagai jenis mochi digunakan sebagai persembahan kekaisaran pada upacara keagamaan.

Sudah merupakan tradisi dalam masyarakat Jepang untuk memakan kue mochi dalam rangka merayakan acara tahun baru, karena itulah kita bisa melihat banyak orang melakukan mochitsuki pada bulan Desember. Mochitsuki adalah cara tradisional orang Jepang dalam membuat kue mochi menggunakan palu kayu untuk menumbuk-numbuk beras mochi yang dikukus dalam wadah batu atau kayu. Setelah beras menjadi lengket, dipotong menjadi potongan-potongan kecil kemudian dibentuk menjadi bulat atau oval.

Mochi di Jepang biasanya dimasak dengan cara direbus, dipanggang, atau dibakar. Bentuknya pun beraneka ragam. Ada yang dijual bebas dalam bentuk bubuk yang biasanya nanti dihidangkan dalam bentuk adonan, atau dalam bentuk batangan kering, dan biasanya disajikan dengan cara dipanggang atau direbus. Salah satu yang paling mudah dibuat ialah Kinako Mochi, yakni adonan mochi yang dibentuk sesuai selera, lalu di atasnya ditaburi serbuk kacang tanah

Di Indonesia mochi banyak dijajakan para pengasong di beberapa titik persimpangan jalan besar di Kota Bogor, kue mochi berisi adonan kacang. Dikemas dalam keranjang bambo. Namun kini mochi kini semakin berkembang, tidak hanya berisi kacang saja namun ada juga mocha yang ditaburi dengan wijen seperti mocha yang satu ini.

 

Share this Post: