Image-1500431725

Bahan Makanan Yang Tidak Harus Disimpan Di Lemari Pendingin

Siapa diantara kamu yang suka menyimpan makanan di kulkas? Biasanya dengan alasan supaya tetepa awet dan bisa di makan nanti-nanti lagi. Tapi, tahukah kamu kalau tidak semua makanan itu baik untuk disimpan dikulkas?

Nah, kali ini Omiyago akan berbagi tips tentang penyimpanan makanan di lemari pendingin.

Lemari Pendingin atau biasa disebut kulkas, memang salah satu alat rumah tangga yang sangat berguna untuk menjaga kesegaran makanan dan lebih tahan lama. Tapi, tak ada salahnya kalau kamu bisa berhenti untuk tidak menyimpan makanan yang memang tidak seharusnya di simpan di dalam lemari pendingin.

Bahan apa aja yang tidak seharusnya ada di lemari pendingin? Yuk, baca terus Bahan Makanan Yang Tidak Harus Disimpan Di Lemari Pendingin

1. Madu

Ini yang biasanya terjadi kesalahan, sebenarnya madu tidaklah harus disimpan dikulkas. Karena konsistensi atau kandungannya akan berubah di dalam suhu dingin.

2. Roti

Sering kali kita menemukan roti didalam kulkas. Padahal, udara dingin yang dikeluarkan oleh lemari es dapat membuat roti mengering dan juga membuat tekstur roti mengeras. Benar kalau menyimpan roti di dalam lemari pendingin akan menambah umur roti dan menghindar dari jamur, namun alangkah baiknya, kalau kamu membeli roti segar dan segera menghabiskannya, dari pada mengkonsumsi roti yang sudah tidak layak konsumsi.

3. Pisang

Buah memang terasa segar bila disajikan dingin. Tapi tidak dengan pisang, karena proses kematangan pisang akan lebih sempurna bila ia di simpan dalam suhu ruangan yang tidak terlalu dingin, Jadi, tidak perlu memenuhi lemari es kamu dengan buah pisang.

4. Bawang Putih

Bawang Putih juga termasuk bahan masakan yang tidak perlu ditempatkan di dalam lemari es, karena bawang putih bisa tumbuh dan bertunas jika disimpan di dalam lemari es karena suhunya yang rendah. Bawang putih cukup di letakkan di tempat dengan suhu ruangan dan tidak lembab. Karena udara yang lembab juga bisa membuat bawang putih cepat busuk.


5. Bawang Bombay

Sama seperti bawang putih, hanya perbedaannya, Bawang Bombay lebih tidak diianjurkan dimasukkan ke dalam lemari es, karena suhu lembab dapat memicu berkembangnya bakteri yang mungkin saja membahayakan utnuk kesehatan kamu.


6. Minyak


Ini juga termasuk bahan masakan yang tidak perlu kamu simpan di dalam lemari pendingin, karena konsentrasi minyak akan berubah ketika di dalam suhu rendah. Biasanya cairannnya akan menggumpal dan tidak bisa digunakan kembali, terutama untuk minyak goreng. Jadi, jangan simpan minyak di dalam lemari es lagi ya omiyagoes~

7. Kentang

Kentang merupakan bahan makanan yang mengandung zat pati atau tepung, jika disimpan di dalam lemari es dapat mempengaruhi kualitas dari kentang itu sendiri, Jadi, cukup simpan kentang di lemari dapur atau tempat kering. Ini bertujuan untuk menjaga tekstur dan kandungan kentang tetap utuh.


8. Tomat

Karena seringnya orang yang beranggapan tomat adalah bagian dari buah, maka seringkali kita menyimpan tomat di dalam lemari pendingin. Padahal, kadar air dan juga cita rasa alami yang dimiliki tomat menjadi berkurang akibat dari udara dingin. Jadi, mulai sekarang simpang saja tomat kamu di suhu ruangan saja ya~


Nah, itu tadi adalah bahan makanan yang memang tidak perlu disimpan di dalam lemari pendingin. Yuk, mulai sekarang, jangan hanya pintar memilih bahan makanan, tetapi juga harus pintar dan tau cara menyimpan makanan yang baik dan benar ya omiyagoes~

source: https://www.berrykitchen.com/tips/detail/201/makanan-yang-tidak-boleh-masuk-kulkas

Share this Post: