Image-1493781507

Berbagai Macam Sambal dan Cara Membuatnya

Kalimat yang pas untuk menggambarkan orang Indonesia ketikta sedang makan adalah “nggak lengkap rasanya kalau makan nggak pakai sambal”. 

Buat sebagian besar masyarakat Indonesia, sambal atau sering disebut juga dengan sambel merupakan makanan pelengkap yang tidak dapat ditinggalkan. Karena rasanya yang pedas, membuat nafsu makan lebih banyak. Nah, dari sekian banyak sambal yang ada di Indonesia. Seberapa banyak jenis sambal yang kamu ketahui? Berikut Omiyago punya beberapa ulasan tentang sambal dan cara membuatnya:

1. Sambal Terasi

  

Merupakan sambal yang apaling banyak diminati, selain rasanya yang pedas, aroma dari sambal ini yang menggugah selera makan. Bagi kebanyakan orang jawa barat (sunda) sambal terasi merupakan salah satu menu wajib saat makan.

Berikut cara membuat sambal terasi.

Bahan:

-      10 buah cabe merah

-      10 buah cabe rawit merah

-      5 butir bawang merah

-      1 buah tomat ukuran besar

-      1 sdm terasi yang sudah di bakar

-      1-2 sdt garam

-      Gula jawa secukupnya

-      5 sdm minyak goreng

Langkah-langkah membuat sambal terasi.

-      Panaskan minyak goreng, lalu masukkan tomat yang sudah diiris tipis, tumis sampai setengah matang.

-      Haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang merah, terasi, gula jawa dan tomat yang sudah digoreng stengah matang, dengan cara di ulek atau di blender sampai dengan halus.

-      Kemudian sambal dapat di tumis kembali dengan api sedang sampai sambal benar-benar matang dan diberi garam secukupnya.

-      Setelah matang, sambal sudah dapat dinikmati. 

2. Sambal Bawang 

 

Pada dasarnya sambal bawang adalah sambal yang terbuat dari ulekan cabai, bawang merah, bawang putih, garam, gula dan kemudian disiram dengan minyak sayur panas. Biasa orang menyebut kalau sambal bawang lebih pedas dari sambal lainya, karena sambalnya tanpa ada campuran rasa yang lain seperti tomat, terasi, udang atau lain sebagainya.

Berikut cara membuat sambal bawang.

Bahan:

-      7 buah cabe rawit merah

-      3 siung bawang putih

-      1 butir bawang merah

-      Gula secukupnya

-      Garam secukupnya

-      3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Langkah-langkah membuat sambal bawang:

-      Tumis cabe, bawang merah dan bawang putih, sampai layu.

-      Ulek semua bahan yang sudah ditumis bersama dengan garam dan gula.

-      Sudah jadi deh sambal bawangnya dan siap untuk dihidangkan.

3. Sambal Roa

  

Sambal yang dibuat dengan bahan utama ikan roa panggan yang dihaluskan dan disangrai kemudian dicampur dengan tumisan bumbu halus khas sambal roa beserta pelengkap bahan lainnya ini memang terasa begitu spesial. Konon katanya ikan ini hanya terdapat di Manado makannya sambal ini berasal dari Manado. Kelebihan sambal ini bisa tahan lama dan mudah dalam pembuatannya.

Cara membuat sambal roa.

Bahan:

-      100 g ikan roa panggang

-      1 sdt garam

-      1 sdt gula pasir

-      1 bh tomat merah, potong kotak kecil

-      50 ml minyak goreng

Bumbu Halus

-      10 bh cabai merah

-      4 bh cabai rawit merah

-      10 bh bawang merah

-      6 siung bawang putih

Langkah-langkah membuat Sambal Roa:

-      Buang kulit dan tulang ikan roa panggang, suwir-suwir lalu haluskan.

-      Sangrai daging ikan roa hingga harum, sisihkan.

-      Tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukkan roa, aduk rata. Bumbui garam, gula, dan tomat, kemudian aduk rata.

-      Sambal sudah siap untuk dihidangkan

4. Sambal Pecel 

 

Sambal pecel merupakan salah satu variasi jenis bumbu dimana kacang sebagai bahan utamanya yang digunakan sebagai bahan campuran makanan yang dilengkapi dengan sayuran dan beberapa lauk tradisional seperti tempe, tahu, peyek dan lainnya. Lalu bagaimana Cara Membuat Sambel Pecel?

Terlebih dahulu anda siapkan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti dibawah ini.

Bahan:

-      Kacang tanah beserta kulit arinya 1 kg

-      Cabe merah keriting 150 gr

-      Gula merah ½ kg

-      Cabe rawit merah 10 butir

-      Bawang putih 7 siung

-      Daun jeruk purut 10 lmbr

-      Kencur 6 buah

-      Garam 3 sdm

-      Air asam jawa 5 sdm

-      Minyak 100 ml liter (untuk menumis bumbu)

Langkah-langkah membuat Sambal Pecel:

-      Pertama-tama kacang tanah yang telah digoreng dan ditumbuk hingga halus menggunakan ulekan atau blender ditambahkan dengan gula merah, Ulek hingga halus dan tercampur rata.

-      Panaskan minyak untuk menumis bumbu, goreng cabe, kencur, bawang putih dan daun jeruk hingga layu dan matang. Jika sudah angkat kemudian haluskan.

-      Bumbu yang telah dihaluskan anda beri sedikit garam dan air asam jawa, masukkan kedalam wadah yang berisi kacang tanah tadi. Aduk hingga rata. Untuk mengaduknya anda bisa menggunakan tangan yang dibungkus dengan plastik agar tetap terjaga ke sterilannya. Cicipi, apakah rasa yang dihasilkan sudah sesuai selera jika belum anda dapat menambahkan bumbu yang kurang.

-      Setelah jadi, Bumbu pecel ini dapat diseduh dengan air hangat kemudian dicampur sampai rata dan dicampur dengan satur-sayuran. JIka bumbu pecel masih tersisa, kita dapat menyimpan bumbu pecel dalam lemari pendingin maka dapat bertahan selama berminggu-minggu bahkan hingga 1 bulan.

Selain sambal-sambal yang sudah tertulis diatas, masih banyak sekali sambal dari daerah di Indonesia yang dapat kamu ketahui dan kamu coba disini.

Share this Post: