Image-1494216987

Berbagai Rempah Indonesia yang Kian Mendunia!

Indonesia, negara kita yang sangat terkenal di mata dunia akan kekayaan rempah-rempahnya. Hal ini juga yang mendukung kelezatan dan keragaman kuliner di seluruh Indonesia. Namun, sebagian dari kita masih belum terlalu mengenal rempah-rempah Indonesia. Yuk, cek beberapa rempah asli Indonesia yang sudah mendunia.

 
Lada

Pada umumnya, masyarakat mengenal dua jenis lada yaitu lada hitam dan lada putih (merica) yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Lada merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia dan lebih dari 80% hasil lada Indonesia diekspor ke negara luar. Bahkan, produksi lada putih yang berlimpah menobatkan Indonesia sebagai penghasil lada putih terbesar sedunia. Lampung dan Bangka adalah dua daerah pemasok terbesar di Indonesia.

 

 sharingdisini.com

Andaliman

Andaliman, nama rempah yang masih terdengar sedikit asing di telinga. Penggunaan yang belum meluas menjadikan andaliman sebagai salah satu rempah yang masih jarang sekali ditemukan. Biasanya, andaliman ditemukan di Sumatera Utara dan dikenal dengan sebutan merica batak. Rasanya yang khas mengigit sering digunakan sebagai bahan masakan batak seperti arsik, naniura, sambal tuktuk serta masakan lainnya. 

 

 netz.id

Kayu Manis

Kayu manis atau yang juga dikenal dengan sebutan cinnamon, merupakan salah satu rempah tertua yang digunakan manusia. Selain dijadikan bumbu masakan, kayu manis juga bermanfaat untuk pengobatan seperti radang sendi, anti infeksi, mengontrol gula darah tubuh dan lainnya. Memiliki aroma yang kuat, manis dan pedas, kayu manis banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia untuk dikirim ke berbagai negara. Pasar utama kayu manis Indonesia adalah Amerika, Kanada dan Jerman.

 

serbatjangkringmas.co.id

Pala

Pala merupakan salah satu rempah hasil kekayaan alam Indonesia. Berasal dari kepulauan Banda, Maluku, pala menjadi salah satu komoditi perdagangan penting sejak masa Romawi. Biji dari buah pala merupakan salah satu komoditi ekspor terbesar Indonesia karena banyaknya permintaan dari berbagai negara. Cita rasa yang sedikit pedas, agak manis serta dapat memberikan rasa hangat menjadikan pala sebagai salah satu bumbu masakan. Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang menjadikan pala sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

 

 rempahdanbumbu.com

Cengkeh

Cengkeh yang merupakan tanaman asli dari Kepulauan Maluku (Ternate dan Tidore) adalah salah satu rempah yang telah digunakan sejak ribuan tahun sebelum masehi. Aromanya yang khas menjadikan cengkeh dibutuhkan sebagai bahan penyedap. Namun, tidak hanya di Indonesia, nyaris seluruh negara di dunia menggunakan cengkeh sebagai bahan penyedap. Selain menjadi bahan penyedap, cengkeh juga memiliki segudang manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

 

Alodokter

 

Selain rempah-rempah diatas, masih banyak loh rempah-rempah Indonesia yang menjadi hasil kekayaan alam Indonesia. Nah, buat kamu yang suka masak tapi tidak mau repot untuk mengahaluskan rempah, kamu bisa coba rempah yang satu ini.

Share this Post: