Image-1499401628

Bosan Makan Nasi Putih? Kamu Bisa Mencoba Menu Berkarbohidrat Berikut

Bagi sebagian masyarakat kita berkata “belum makan jika belum makan nasi”. Namun tidak sedikit pula masyarakat kita yang juga tidak begitu suka dengan makan nasi putih. Antara memang tidak mau makan nasi putih karena nasi putih mengandung kadar gula yang cukup tinggu atau bosan dengan makan nasi putih karena dikonsumsi setiap hari.

 

Nah, berikut beberapa alternative makanan berkarbohidrat yang dapat mengganti nasi putih.

1.     Kentang

  

Buat kamu yang sedang menjalankan diet, kentang dapat menjadi salah satu menu pilihan kamu. Selain menjadi salah satu penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. Pada kandungan sebuah kentang, tersimpan manfaat yang baik bagi tubuh seperti osfor, zat besi, protein, lemak nabati dan kalsium serta mineral-mineral penting lainnya.

2.    Ubi

 

Ubi jalar memiliki kadar gula yang rendah, sehingga tidak cepat menaikkan gula darah. Selain itu ubi juga mengandung kadar serat, vitamin A dan C yang cukup tinggi. Warna ungu pada ubi ungu juga memiliki anti oksidan yang tinggi. Kamu bisa memilih ubi ungu, kuning, atau putih untuk disantap dengan cara yang paling kamu suka  seperti di goreng, rebus, atau bakar.

3.    Spaghetti

 

#omiyagoes tahu nggak, kalau ternyata spaghetti mengadung kalori yang rendah dengan serat yang tinggi? Kamu bisa mencoba spaghetti yang terbuat dari gandum. Rasanya yang cukup tawar mungkin tidak menggugah selera kamu. Namu cukup dengan tambahkan saus favorit mu, maka spaghetti pun jadi lebih enak disantap. Cara memasak spaghetti pun mudah, kamu hanya perlu merebus spaghetti hingga empuk lalu tambahkan saus, dan spaghetti siap disajikan.

4.   Oat

 

Oat merupakan salah satu jenis gandum utuh yang dapat membantu kamu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, dan kanker. Oat lebih sedikit mengandung kalori dan karbohidrat, tetapi mengandung lebih tinggi protein dibandingkan dengan nasi putih. Selain itu, oat juga mengandung vitamin B6, tiamin, niasin, dan folat. Oat juga merupakan salah satu sumber riboflavin yang baik. Riboflavin berperan penting dalam mengubah karbohidrat menjadi energi, membentuk sel darah merah, dan juga mendukung pertumbuhan.

Itu tadi beberapa menu berkarbohidrat pengganti nasi putih yang dapat kamu coba dirumah. Selamat mencoba #omiyagoes

Sumber: blog.kulina.id

 

 

Share this Post: