Image-1510196362

Cara Membuat Selai Nanas

Nanas merupakan buah mengandung air yang memiliki rasa lezat dan menyegarkan. Tidak hanya itu saja lho, buah yang berwarna kuning cerah ini juga banyak mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang bersifat mempromosikan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, dan membantu memecah protein hewani.

Buah nanas sangat mudah ditemukan dipasaran, bahkan tersedia sepanjang tahun. Harganya sangat terjangkau, dan gampang sekali ditanam diwilayah tropis.

Selain dapat langsung dikonsumsi, nanas juga dapat kamu jadikan selai untuk olesan makan roti kamu atau untuk isian saat membuat kue nastar. Cara membuat selai nana pun sangat mudah. Yuk, ikuti cara Omiyago membuat selai nanas.

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan saat membuat selai nanas adalah:

  1. Pilihalah nanas yang benar-benar matang, biasanya berwarna kuning tua, terlihat ranum segar dan aromanya wangi.
  2. Jangan memblender nanas, namun cukup dengan cara diparut saja.
  3. Panaskan nanas terlebih dahulu, tanpa dicampur gula dan dengan api yang sedang. Setelah air nanas menguap baru masukkan gula dan kayu manis, masak hinggak kering.
  4. Jika ingin membuat selai nanas yang kesat dan kering, letakkan hasil olahan nanas ke atas loyang dan ratakan. Kemudian panggang sebentar.

Sudah baca tipsnya? Sekarang siapkan bahan-bahannya:

-      1 buah nanas ukuran sedang

-      100gr gula pasir

-      1 buah kayu manis

-      2 buah cengkeh

Jika bahan sudah siap semua, langkah selanjutnya adalah membuat selai nanas:

  1. Kupas nanas, potong menjadi 4 bagian, lalu potong bagian inti nanas.
  2. Parut nanas
  3. Masak parutan nanas dengan api sedang, kemudian masukkan kayu manis dan cengkeh. Masak hingga air menyusut sambil terus diaduk.
  4. Kecilkan api, masukkan gula pasir, masak sampai selai kering dan lengket. Selai akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  5. Simpan selai yang sudah dingin di dalam kulkas sampai saatnya digunakan.

Gimana, gampang kan membuat selai nanas? Tapi, kalau kamu tidak ada waktu untuk membuatnya kamu bisa lho mendapatka beragam varian selai di Omiyago.com! Temukan beragan selai dari seluruh Nusantara hanya dengan sentuhan tangan!

 

Share this Post: