Image-1530183744

Empat Bumbu Nusantara Praktis untuk Menu Pilihan di Rumah

Euforia liburan dan pasca mudik masih terasa ya Omiyagoes? Dari makanan Lebaran sampai makanan khas-nya semuanya membuat kita gagal move on. Apalagi makanan khas dari kampung Omiyagoes. Seperti misalnya Empal Gentong dari Cirebon atau Pengek Ikan dari Minang. Sayangnya makanan khas tersebut terkenal dengan kerumitan meracik bumbunya, padahal setelah liburan Omiyagoes inginnya masak yang simpel.

Omiyagoes tidak perlu jauh-jauh untuk mencicip rasa makanan khas Indonesia yang memang selalu bikin kangen dan tidak perlu bereksperimen dengan bumbu-bumbu yang ada di pasar. Bahkan Omiyagoes bisa mendapatkannya tanpa beranjak dari layar gadget. Bumbu praktis ini selain praktis dan higienis tapi bisa jadi inspirasi menu makanan untuk keluarga. Yuk disimak, empat bumbu Nusantara praktis yang akan buat masak di rumah.

1. Bumbu Empal Gentong


Menurut cerita, makanan yang mirip dengan gulai ini dimasak menggunakan kayu bakar dari pohon mangga. Dinamakan empal gentong, karena memang dimasak dalam gentong semacam periuk tanah liat. Meski ada kata empal, daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi bagian khas dalam. Kebayang kan susahnya untuk memasak rasa asli empal gentong kalau sedang tidak berkunjung ke Cirebon? Tapi jangan berkecil hati dulu Omiyagoes. Tidak perlu susah-susah ke kota asalnya. Karena Omiyagoes sudah memilihkan Bumbu Empal Gentong yang racikannya tanpa MSG dan dibuat dengan sistem pasteurisasi, yaitu proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir yang memperlambat pertumbuhan mikroba pada makanan. Jadi, bisa dinikmati seluruh anggota keluarga di rumah.

2. Bumbu Kalio Ayam atau Daging

 

Hampir semua orang tahu bahwa kalio adalah salah satu masakan Minang yang banyak diminati, apalagi saat lebaran tiba. Kalio merupakan rendang basah yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat. Karena santannya dimasak saat belum begitu mengering sempurna dan karena dalam suhu ruangan hanya dapat bertahan dalam waktu kurang dari satu minggu. Apalagi untuk Omiyagoes yang sibuk. Nah, di Omiyago tersedia Bumbu Ayam Kalio dari Christine Hakim yang berbeda dengan bumbu ayam kalio lainnya. Bumbu ini juga bisa membantu Omiyagoes menyajikan makanan ini menjadi praktis dan mudah tanpa harus datang ke kota asalnya. dan ini dikirimkan langsung dari Padang.


3. Bumbu Gulai Ikan atau Pangek

Makanan khas Tanah Datar Sumatera Barat ini menurut cerita, dulu seringkali dibawa oleh masyarakat Minang yang hendak menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah karena tahan lama. Makanan ini juga salah satu hidangan wajib saat acara adat, perkawinan, maupun keagamaan. Di Minang pangek selain umumnya menggunakan ikan tenggiri, juga dibuat dari ikan bilih, ikan yang ada di Danau Singkarak. Rasa pangek ini sangat kaya akan rempah terutama dari rasa kunyit yang khas, sehingga tak mudah meracik sendiri campuran daun kunyit, batang kemiri, serta cabai irisan halusnya. Nah kalo Omiyagoes ingin mencoba untuk memasak Pengek dengan citarasa masakan Padang yang asli, Bumbu Gulai Ikan atau Pangek Christine Hakim yang ada di OMIYAGO bisa jadi pilihannya. Soalnya selain praktis, Omiyagoes bisa lebih berhemat dibanding membelinya di rumah makan Padang. Karena bumbu ini porsinya bisa untuk seluruh anggota keluarga di rumah dibanding.


4. Bumbu Pecel Padigling


 

 Untuk Omiyagoes yang baru pulang kampung dan suka makanan dari pulang kampung dari wilayah Jawa pasti kangen nih sama makanan tradisional pecel. Dalam bahasa Jawa, pecel memiliki arti sebagai “tumbuk” atau “dihancurkan dengan cara ditumbuk”. Sambal pecel menjadi salah satu variasi jenis bumbu dimana kacang sebagai bahan utamanya yang digunakan sebagai bahan campuran makanan yang dilengkapi dengan sayuran dan beberapa lauk tradisional seperti tempe, tahu, peyek dan lainnya. Di daerah khasnya makanan yang dibuat dengan bumbu pecel ini disebut nasi pecel. Tapi terkadang bumbunya tidak bisa ditentukan level kepedasannya. Apalagi Omiyagoes yang menyukai cita rasa makanan pedas. Untuk Bumbu Pecel Padigling ini Omiyagoes bisa menentukan mau pilih bumbu pecel yang pedas atau yang sedang. Tidak salah kan jika nasi pecel ini menjadi salah satu makanan kesukaan Indonesia.


Mulai terbayang nih gimana mudah dan serunya masak di rumah dengan bumbu praktis tadi kan Omiyagoes? Mau masak Empal Gentong, Kalio, ataupun Pecel semuanya gampang, hanya perlu siapkan bahan utamanya dan masak dengan bumbu sesuai petunjuk dikemasan. Bumbu ini bisa dijadikan oleh-oleh dan hadiah untuk kerabat atau teman. Apalagi untuk Omiyagoes yang berencana tinggal untuk sekolah atau bekerja di luar negeri. Jadi saat kangen dengan masakan Indonesia akan mudah terobati.

Share this Post: