Image-1511836005

Fungsi dan Manfaat Air Bagi Kesehatan Tubuh

Keberadaan air tidak saja sebagai asupan, namun juga memengaruhi aktivitas lain manusia, seperti mencuci dan mandi yang keduanya terkait dengan kesehatan. Secara tidak langsung, keberadaan air turut memengaruhi kelangsungan sumber daya konsumsi manusia, seperti tumbuhan dan hewan.

Mengkonsumsi air putih merupakan hal wajib harus dilakukan bagi setiap kehidupan. Nah, kita manusia dalam sehari haru mengkonsumsi air sebanyak kurang lebih 8 gelas per hari atau sekitar 2 liter. Karena perlu kamu ketahui, 70% dari tubuh kita merupakan cairan. Maka air merupakan hal penting bagi kesehatan tubuh kamu.

Manfaat dari air ini pun banyak sekali, seperti:

1.     Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

Karema sekitar 70 % dari tubuh manusia terdiri dari air. Maka minum air cukup dapat mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makana.

2.    Mengontrol Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Masih ragu kalau air putih dan menurunkan berat badan? Dan kenapa air putih dapat menurunkan berat badan? Nah, buat kamu yang sedang menjalankan diet, cara ini mungkin dapat kamu praktekkan. Minumlah air sebelum kamu makan, maka kamu akan terasa kenyang lebih cepat. Karena rasa kenyang inilah yang akan membuat kamu merasa lebih cepat kenyang, sehingga kamu mengkonsumsi kalori lebih sedikit yang berdampak pada penurunan berat badan.

3.    Membantu Mengluarkan Racun

Kenapa air padat membantu mengeluarkan racun? Karena disaat kamu banyak minum air putih, maka kamu akan sering membuang air dan dan berkeringat. Nah dari proses inilah racun dalam tubuh dikeluarkan. Oleh sebab itu air putih dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, sehingga mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

4.   Membuat Kulit Lebih Cerah dan Halus

Wanita mana sih yang tidak mau memiliki kulit yang cerah dan halus? Bahkan laki-laki pun menginginkannya. Dengan rutih mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu melembabkan kulit, membuatnya terus segar, lembut, bercahaya dan halus. Namun, saat kamu kekurangan cairan dalam tubuh makan racun dalam tubuh mu dapat menyebabkan kulit meradang, menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya akan menimbulkan jerawat. Kamu pasti nggak mau dong jerawatan? Dan saat kulit kamu cerah dan halus, pasti kamu terlihat jadi awet muda. Pasti mau dong dibilang selalu masih muda? hehehe

5.    Menjaga Kesehatan Ginjal

Pernah dengan istilah Batu Ginjal kan? Nah, salah satu penyebang penyakit batu ginjal adalah karena kekurangan cairan dalam tubuh. Injal berfungsi untuk menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Nah, untuk melakukan tugasnya ini, ginjal membutuhkan cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, dan air putih adalah jawabannya.

Itulah tadi 5 Manfaat Air Bagi Kesatan Tubuh, jadi mulailah mengkonsumsi air yang cukup dimulai dari sekarang!

Share this Post: