Image-1494233967

Harga Cabai Meningkat? Ga Perlu Khawatir! Temukan 7 Bahan Pengganti Cabai

Buat kamu penggila pedas, pasti pusing kan tiap denger berita mengenai harga cabai yang terus meningkat di pasar? Buat kamu pecinta pedas, tidak perlu khawatir. Ada beberapa bahan yang bisa mengganti rasa pedas cabai lho! Cek yuk, apa saja sih bahan tersebut?

Lada Hitam

spirit.web.id

Siapa yang nggak asing dengan nama rempah Indonesia satu ini? Ya! Lada hitam yang populer dikenal dengan nama Black Pepper ini adalah merica yang diambil dari buah merica yang belum matang. Biji merica tersebut kemudian difermentasi dengan cara ditumpuk selama dua atau tiga hari, kemudian dijemur hingga keriput dan berwarna hitam. Rasa pedasnya tidak hanya memperkuat rasa masakan, namun juga membantu melancarkan pencernaan.

Lada Putih

kantorberitaindonesia.com

Setelah tadi membahas tentang lada hitam, sekarang kita bahas tentang lada putih atau lebih sering disebut merica. Buat kamu yang sering masak apalagi masakan Indonesia, merica merupakan salah satu bahan yang kerap ada di dapur. Bukan hanya sebagai pelengkap bahan dapur, merica sering dibubuhkan ke atas makanan kesukaanmu seperti mie instan atau mie ayam untuk menambahkan sensasi pedas tersendiri.

Jahe

kendaripos.fajar.co.id

Jahe yang merupakan salah satu rempah Indonesia bisa memberikan rasa pedas yang khas pada masakan. Jahe juga merupakan salah satu bahan yang wajib ada di dapur. Untuk mendapatkan rasa pedas dari jahe, tambahkan jahe yang sudah digeprek atau yang sudah diiris tipis ke masakanmu. Rasa pedas yang dihasilkan jahe berasal dari zat zingerol, senyawa yang membentuk rasa pedas yang tidak menguap. Selain memberikan rasa pedas, jahe juga mampu meningkatkan nafsu makan secara alami.

Pala

merdeka.com

Pala merupakan rempah yang memiliki bentuk bulat dan seukuran ibu jari. Buah pala yang berwarna hitam ini biasanya disimpan dalam bentuk yang sudah kering atau diolah menjadi bubuk dan biasanya ditemukan dalam masakan seperti rendang, sop, bakso, dsb. Walaupun berukuran kecil, buah pala dapat memberikan rasa yang pedas dan hangat dalam masakan serta membantu kita untuk dapat tidur lebih nyenyak. Tidak hanya itu, pala juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Wasabi

 

mnn.com

Bagi kamu penggemar hidangan Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan bumbu makanan satu ini. Ya! Wasabi merupakan bumbu makanan asli dari Jepang. Wasabi berasal dari akar kubis asli Jepang yang diolah sehingga berbentuk seperti bubuk atau pasta berwarna hijau. Berbeda dengan cabai dan merica, pedas yang dihasilkan wasabi memiliki rasa dan aroma yang cukup menyengat hingga ke hidung sesaat setelah menyantapnya. Namun, perlu diketahui, wasabi ini berfungsi mematikan bakteri-bakteri yang ada di makanan mentah.

Paprika

inpasto.com

Paprika yang memiliki berbagai jenis warna seperti hijau, merah, kuning maumpun oranye mengandung zat capsaicin yang juga dimiliki oleh cabai. Senyawa inilah yang membuat rasanya pedas. Namun jika dibandingkan dengan cabai ataupun black pepper, rasa pedas paprika masih bersahabat di lidah. Selain memberikan rasa pedas, paprika juga mengandung vitamin A dan C yang baik untuk tubuh.

Sichuan pepper

seriouseats.com

Walaupun namanya mengandung pepper namun Sichuan Pepper tidak termasuk dalam golongan merica. Penasaran ga kenapa? Jadi, bahan masakan khas oriental ini disebut pepper karena memiliki bentuk dan rasa pedas seperti merica. Bahan yang dijual dalam bentuk yang telah dikeringkan ini cukup mudah diperoleh di toko bahan masakan China. Namun kamu perlu tau loh, Indonesia juga memiliki bahan masakan yang hampir sama dengan Sichuan Pepper yaitu Andaliman. Namun, Andaliman berwarna hijau dan rasa pedas yang dihasilkan Andaliman ini menimbulkan rasa kelu atau kebas. Rasa pedasnya yang unik membuat beberapa makanan khas Sumatera Utara semakin digemari.

Share this Post: