Image-1532078049

Jajanan Jadul Terkenal yang Jadi Kekinian

pic by pinterest

Waktu sekolah, Omiyagoes pasti punya kenangan dengan jajanan pasar saat kecil dan juga kesukaan orang tua. Bernostalgia sejenak, kalau diulik lagi ada banyak jajanan zaman dulu yang sampai sekarang tetep bikin kangen.

Makanan boleh dianggap jadul alias zaman dulu. Tapi jangan salah Omiyagoes, meski klasik, masih banyak penggemarnya lho. Walau tampilannya sederhana, jajanan ini juga selalu dicari. Bahkan ada nih Omiyagoes, jajanan pasar yang selalu mengikuti tren kekinian, dimodifikasi dan selalu di up date sesuai perkembangan zaman.

Penasaran apa aja? Yuk Omiyagoes intip makanan jadul yang saat ini menjadi makin menarik dan tentunya seperti tidak terasa jadul lagi.

(1) Kue Cubit

Jajanan jadul asal Jakarta ini akan mengingatkan Omiyagoes dengan masa sekolah, soalnya memang kue cubit biasanya dijual pedagang dekat pintu gerbang sekolah. Dibuat menggunakan gula, telur dan tepung terigu, adonan kue cubit dimasukkan dalam cetakan baja yang dalam hitungan beberapa menit matang. Namanya disebut kue cubit karena begitu kue matang, adonannya diambil dengan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga seperti dicubit.

(2) Cireng

Jajanan pasar yang terkenal di era 1970-an ini namanya didapat dari singkatan aci digoreng, bahasa Sunda untuk tepung kanji yang digoreng dan merupakan makanan ringan dari daerah Priangan. Dulu Cireng hanya dimakan bersama kuah cabai yang encer. Seiring zaman, cireng dibuat dengan banyak variasi rasa seperti ada tambahan keju. Sekarang Omiyagoes tidak hanya jajan Cireng di Bandung saja tapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Cireng dulu juga dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng dibagian belakang sepedanya, kini Cireng juga bisa dibeli melalui online.

 

 


(3) Rengginang

Seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tidak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan dan digoreng, dijadikan rengginang. Zaman dulu supaya ada rasa rengginang ditambahkan terasi. Nah, sekarang rengginang juga ada yang dikemas dalam bentuk snack dengan varian rasa lho. Ada keju, cokelat, bahkan rasa telur asin!

 


 

 

(4) Cuanki

Buat orang Bandung, Cuanki mungkin sudah tidak asing kagi. Nama cuanki diambil dari singkatan “Cari Uang Jalan Kaki”. Jajanan pikul ini rasanya khas dan akan selalu menjadi memori yang mengingatkan kita akan Kota Bandung. Sekarang Cuanki hadir dalam bentuk kemasan praktis cup yang tinggal diseduh dengan air panas. Rasa cuanki meskipun dikemas dalam cup tetap mirip dengan yang dijual dijajanan pikul.

 



(5) Opak

Kudapan kering renyah ini merupakan kerupuk khas Sunda, Jawa Barat. Opak dibuat dengan cara membumbui tepung beras kemudian dicampur dengan air dan ditumbuk sehingga berbentuk adonan lunak. Adonan lalu diambil sebagian dan dibentuk lembaran-lembaran tipis yang kemudian dikeringkan. Setelah kering, lembaran dipanggang di atas bara api sehingga melunak dan renyah. Sekarang opak dihadirkan dalam bentuk snack yang kemasannya juga menarik lho Omiyagoes. Varian Opak juga ada banyak macam dengan tambahan keju, cokelat, bahkan juga yang suka pedas bisa mencoba rasa bumbu barbeque.

 

 

Wah, ternyata bisa ya makanan jadul tetap eksis sampai sekarang dan mengikuti perkembangan zaman. Kira-kira apa lagi nih jajanan jadul yang menurut Omiyagoes masih terkenang sampai sekarang dan varian serta kemasannya jadi modern? Ditunggu komentarnya ya di Facebook Omigayo!

Share this Post: