Image-1494385497

Jajanan Unik Khas Solo

Selain dikenal dengan budaya keraton dan batiknya, Solo juga memiliki banyak sekali destinasi kuliner yang menjajakan berbagai macam jajanan khas yang hanya dapat ditemukan di Solo. Mulai dari masakan yang manis, asem, asin dan pedas semua dapat kita temukan di kota yang dikenal dengan keramahannya ini.

Nah bagi kamu pecinta kuliner, mungkin kamu harus mencoba beberapa jajanan khas Solo berikut ini:

1. Sate Kere

 

jalansolo[dot]com

 

Mungkin sedikit aneh mendengar kata-kata “kere”. Ya, kere dalam Bahasa jawa berarti miskin. Namun bukan berarti sate ini adalah sate untuk orang-orang miskin. Kenapa disebut sate kere? Karena pada zaman dulu, sate ini tidak dibuat dari daging ayam, sapi atau kambing pada umunya, namun dari tempe gembus yang sudah dimasak bacem sehingga berwarna cokelat seperti daging sapi yang kemudian dipotong kecil-kecil dan ditusuk-tusuk seperti sate. Setelah itu, hamper sama seperti sate-sate pada umunya, yaitu dibakar dan dilumuri kecap manis dan bumbu kacang. Untuk rasa, tak perlu diragukan karena rasanya hamper sama dengan sate pada umumnya, hanya saja tidak terasa dagingnya. Selain itu harganya juga terjangkau, alias lebih murah. Enak kan jadi bisa ngirit.

2. Semar Mendem

  

masakandapurku[dot]com

Jika dipewayangan Semar adalah salah satu tokoh punakawan yang cukup terkenal, dan mendem di Bahasa jawa berate “Mabuk”. Namun Semar Mendem disini tidak berate Semar Mabuk, melainkan lemper yang terbuat dari beras ketan kukus dengan isian ayam suwir. Lemper dibalut dengan kulit tipis yang terbuat dari tepung terigu dan telur mirip dengan crepe. Setelah itu, semar mendem disantap dengan saus santan yang gurih dan sedap. Karena rasanya yang sedap itulah yang membuat kita mendem untuk menikmatinya, alias ketagihan dan ingin nambah terus.
3. Mata Maling

  

tokopedia

Mata Maling merupakan salah satu olahan kulit melinjo yang berbentuk bulat panjang. Rasanya lumayan pedas namun ada sedikit rasa manis. Cara membuat makanan ini pun cukup mudah yaitu dengan menjemur terlebih dahulu kulit melinjo kemudian diberi bumbu seperti garam, bawang putih, cabai setelah itu digoreng sampai kering. Sayangnya makanan jenis ini sudah jarang terlihat lagi. Sekalipun ada yang menjual, warnanya tidak lagi kemerah-merahan seperti yang dahulu.

4. Balung Kethek

  

bukalapak

Mulai dari Sate Kere, Semar Mendem, Mata Maling, ini satu lagi jajanan khas Solo yang tak kalah unik dan aneh namanya, yaitu Balung Kethek. Jika dalam Bahasa jawa, balung berarti “Tulang” dan Kethek berarti “kera atau monyet”. Tapi jangan berfikir ini adalah tulang monyet yang dibuat menjadi makanan ya hehe..

Namun, Balung Kethek merupankan jajanan yang diolah dari singkong yang dipotong menyerupai balok kemudian digoreng hingga kering. Dinamakan balung kethek, karena teksturnya sangat keras menyerupai tulang monyet. Ada 2 jenis balung kethek, yaitu manis dengan taburan gula Jawa cair dan ada juga yang asin karena ditambahkan garam.

Aneh-aneh ya makanannya? Tapi jangan salah, rasanya itu lho bikin ketagihan dan cuma ada di Solo! Kira-kira dari keempat jajanan diatas yang mana yang sudah pernah kamu coba? Share dibawah ya 

Share this Post: