Image-1503020321

Kuliner Lombok Yang Legendaris

Lombok memang banyak sekali tujuan wisatanya, mulai dari Gunung Rinjani, Pink Beach, Gili Trawangan dan masih banyak lagi. Bicara soal wisata selalu tak lepas dari kulinernya. Nah kuliner apa saja sih yang nggak boleh kamu lewatkan ketika ke Lombok?

1. Ayam Taliwang

 

Salah satu kuliner Lombok yang sudah sangat terkenal. Dibuat dari ayam utuh yang dilumuri bumbu khas kemudian dibakar atau digoreng. Banyak sekali restoran ayam taliwang yang bisa kamu temukan terutama di wilayah saying-sayang kota Mataram. Sepanjang jalan berderet restoran ayam taliwang di wilayah ini. Namun, jika kamu tak awa waktu untukmwncicipinya ketika disana atau kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh tapi malas karena repot membawanya, kamu bisa menemukannya di Omiyago.com

2. Pelecing Kangkung

 

resepsajianindonesia.blogspot.co.id

Kuliner Lombok yang terbuat dari bahan dasar kangkong ini memiliki rasa yang cukup unik dan khas. Cara membuatnya yaitu dengan merebus kangkung hingga matang, kemudian di suir-suir memanjang. Setelah itu dicampur dengan sambal tomat yang pedas. Bumbu sambal tomat dibuat dari cabe rawit merah, tomat, garam, penyedap, terasi Lombok, dan perasan jeruk purut. Rasa terasi Lombok yang membuat rasa sambal pelecing sangat nikmat disantap bersama nasi putih. Untuk sambel pelecing nya sendiri kamu bisa temukan disini.

3. Sate Bulayak

 

rianakpar.wordpress.com

Sate bulayak adalah makanan khas Pulau Lombok yang terdiri dari sate dan bulayak. Bulayak memiliki tekstur seperti ketupat, tetapi dengan bentuk bulat memanjang. Keunikannya adalah bungkus bulayak bukan dari daun pisang atau daun kelapa melainkan dari daun aren. Kekhasan sate terletak pada bumbu yang digunakan.

Sate biasanya menggunakan bumbu kacang, tetapi sate bulayak menggunakan bumbu khusus yang dimasak dengan campuran santan kental dan kemiri. Sate bulayak dapat anda temukan di sepanjang jalan udayana kota Mataram, di Taman Hutan Suranadi Lombok Barat, di Pantai Senggigi Lombok Barat.

4. Kelaq Sabie

 

wiratransports.com

Sebie dalam bahasa sasak Lombok artinya cabe. Kelaq sebie merupakan kuliner khas Lombok yang paling pedas karena bahan utamanya adalah cabe rawit hijau. Untuk memasak kelaq sebie kita membutuhkan cabe rawit hijau sekitar satu kilogram. Cabe rawit hijau dipotong-potong agar rasa pedasnya keluar. Bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, terasi, garam, penyedap (opsional) dan santan kental.

Selain cabe rawit hijau, kelaq sebie akan terasa sangat sedap jika ditambahkan ikan tongkol, terong, kacang panjang. Cara memasaknya sangat mudah yaitu dengan memasukkan semua bahan dan bumbu lalu dimasak hingga matang. Kelaq sebie terasa lebih mantap jika dimasak lebih lama sampai kuah santannya tersisa sangat kental.

5. Ikan Bakar Pantai Nipah

 

wiratransports.com

Menikmati ikan bakar sambil melihat keindahan pantai nipah adalah hal yang tidak boleh kamu lewatkan jika ke Pulau Lombok. Sepanjang jalan dari bukit malimbu hingga pantai nipah akan anda temukan para penjual ikan bakar. Biasanya ikan bakar disajikan bersama nasi, pelecing, dan beberuk.

Dari beberapa kuliner Lombok diatas, mana saja yang sudah kamu coba? Bagaimana rasanya menurut kamu? Bisa dong share pendapat kamu dibawah~

 

Sumber: https://sasambotour.com/13-kuliner-lombok-yang-tak-boleh-terlwatkan/

Share this Post: