Image-1503453016

Kuliner Toba Samosir Yang Tidak Boleh Dilewatakan

Meskipun tidak seterkenal Bali, Sumatera juga memiliki keindahan tujuan wisata yang sangat mengagumkan. Salah satunya Toba Samosir, kabupaten di Sumatera Utara yang terletak tepi Danau Toba. Bicara soal berwisata pasti tidak dapat dilepaskan dengan kulineran dong ya? Hehehe Nah buat kamu yang sedang atau akan berwisata ke Toba, berikut beberapa referensi tempat kulineran yang jangan sampai kamu lewatkan.

1. Mie Gomak

 

themoneymonkeyshow.wordpress.com

Kuliner satu ini menjadi kenangan tak terlupa bagi penduduk Balige yang merantau ke luar Sumatera Utara. Mie Gomak adalah makanan khas Toba Samosir khususnya kota Balige yang memiliki cita rasa tinggi. Berbeda dengan lainnya, mie ini berukuran besar menyerupai pasta dan umumnya disajikan dengan kuah berbumbu cabai, andaliman, serta rempah lainnya. Untuk kamu yang berniat mencicipi makanan ini, coba saja berkunjung ke pasar tradisional Balige, tepatnya di Warung Mie Gomak Ma’Reni. Selain enak, harganya juga murah dan aman untuk kantong. Cukup hanya Rp 5.000,- s/d Rp 10.000,- untuk satu porsi. Disini, kamu tidak hanya dapat merasakan sedapnya Mie Gomak tapi juga melihat bangunan pasar yang masih tradisional dan kental akan budaya Batak.

Pasar Tradisional Balige (https://www.instagram.com/yogahrp/)

Lokasi : Jl. Sisingamangaraja, Napitupulu Bagasan, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22312

2. Pizza Andaliman

 

muda.kompas.id

Liburan ke Danau Toba dan objek wisata Toba Samosir makin seru dengan mencicipi Pizza Andaliman di Cafe & Resto Boruku Toba Art. Bentuk boleh Italia, namun rasa dari kuliner satu ini Batak banget. Ya, Pizza Andaliman dimodifikasi dengan berbagai rempah khas setempat hingga memiliki cita rasa yang unik dan berbeda. Untuk harganya juga lumayan terjangkau mulai dari Rp 7.000 – 60.000 tergantung variasi ukuran dan juga taburan di atasnya. Wah, penasaran dengan kuliner satu ini kan?

Lokasi : Jl. Siborong Borong – Parapat, Sangkar Nihuta, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara

No Telepon : 0852-7766-8800

Jam Buka : 10.00–21.00

3. Ikan Bakar Khas Pesisir Danau

 

beritadaerah.co.id

Keindahan Danau Toba memang bisa dilihat dari berbagai sudut. Selain dari bukit, kamu pun bisa menikmati semilir angin danau di pesisir pantainya, seperti Pantai Bul Bul Balige. Nah, tidak hanya menyajikan air danau yang asri, di pantai ini juga terdapat warung makan dengan menu Na Tinombur atau ikan bakar. Soal rasa, ikan bakar di sana enak dan nendang. Apalagi dengan sambalnya yang super pedas. Untuk harga dibandrol sekitar 90 ribu rupiah perkilogramnya. Jangan lupa untuk melepas dahaga dengan membeli minuman kelapa muda seharga Rp15.000,00.

 

Ikan Bakar Pantai Lumban

Lokasi : Lumban Bulbul, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara

4. Kopi Hitam Sumatera

Toba Samosir tidak hanya tentang pemandangan danau yang eksotis. Tapi, kota ini juga ini dekat dengan salah satu bandara di Sumatera Utara, Silangit Airport. Karena itu pula, rugi jika tidak menikmati kopi hitam khas Sumatera di sini. Tidak perlu jauh-jauh, cukup ke Ardha Cafe di Jl. Gereja tepat di depan Rumah Sakit HKBP. Minuman hitam pekat di kafe ini tidak hanya menggoda dari aromanya tapi juga enak di lidah. Selain kopi, hidangan lain juga tersedia di sini. Jarak dari bandara pun terbilang dekat sekitar 19 km atau sekitar 30 menit. Nah, dari bandara banyak taksi serta travel yang siap mengantar kapanpun kamu mau.

Lokasi : Jl. Gereja Balige, Kabupaten Toba Samosir(depan Rumah Sakit Balige)

Itulah tadi beberapa tempat kuliner yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Toba. Selamat berkuliner Omiyagoes~

 

Sumber: https://travelingyuk.com/kuliner-toba-samosir/40113/

Share this Post: