Image-1494228190

Lezatnya Berbagai Jenis Pempek Palembang!

Palembang, kota yang terkenal dengan jembatan Ampera, memiliki berbagai jenis Pempek yang dikenal oleh masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara. 

Pempek Kapal Selam

Tidak ada yang tahu persis dari mana asal penyebutan nama Pempek yang satu ini. Ada yang mengatakan bahwa nama tersebut diperoleh dari bentuknya yang lonjong seperti kapal selam. Ada juga yang menyebut kapal selam karena saat direbus Pempek ini tenggelam dan berada di dasar panci, lalu akan mengapung setelah matang. Pempek Kapal Selam adalah jenis Pempek yang paling popular di Indonesia karena berisi satu telur ayam utuh. Namun, Pempek Kapal Selam juga ada yang berukuran kecil, yang disebut pempek telur kecil.

 

 resepaneka99.blogspot.co.id

Pempek Lenjer

Pempek Lenjer murni terbuat dari adonan ikan tanpa ada campuran telur. Perbedaan dengan pempek yang lain adalah Pempek Lenjer memiliki bentuk bulat dan memanjang. Di Palembang, Pempek Lenjer disebut sebagai “Mother of Pempek” karena dari Pempek Lenjer dapat dikreasikan berbagai macam jenis makanan lainnya seperti Tekwan dan Laksa.

 

youtube.com

Pempek Adaan

Dari segi rasa, Pempek Adaan merupakan Pempek yang paling gurih karena mengandung santan dan rempah-rempah asli Indonesia. Proses pembuatan Pempek Adaan sangat mirip dengan pembuatan bakso. Bahkan jika diperhatikan lebih seksama, Pempek Adaan dapat disebut “Bakso Ikan Goreng”. Namun dari cara pembuatannya sangat berbeda dari pempek lainnya karena tidak melalui proses perebusan. Selain itu, Pempek Adaan merupakan pempek eksklusif yang akan disajikan saat perhelatan acara di Palembang.

 

 cookpad.com

Pempek Kulit

Pempek Kulit memiliki bahan dasar yang paling berbeda dari pempek lainnya. Dari namanya bisa diketahui bahwa bahan dasarnya adalah kulit ikan. Kulit yang digunakan biasanya berasal dari kulit ikan belida atau ikan tenggiri. Namun karena kulit ikan memiliki bau yang sangat amis dan warnanya juga hitam, maka dalam perkembangannya beberapa orang menggantinya atau mencampur dengan daging perut ikan sebagai bahan dasar utama pempek yang satu ini.

 

resepmasakano1.blogspot.co.id

 

 

 

 

Share this Post: