Image-1500543709

Makanan dan Minuman Penghilang Rasa Pedas

Berwisata ke tempat baru rasanya tidak lengkap kalau tidak mencicipi kuliner khas daerah yang tidak kunjungi. Disetiap daerah yang kita kunjungi pasti memiliki makanan khas yang bervariasi, dari mulai makanan berat, makanan ringan seperti camilan-camilan yang membuat kita tertarik untuk mencobanya. Rasanya pun bervariasi, mulai dari yang manis, asin, hingga pedas. Sebagian kita suka penasaran dengan makanan yang terasa pedas, karena pengen tau seberapa pedas sih makanan tersebut?

Tapi perlu kamu ketahuin bahwa rasa pedas yang berlebihan mampu membuat mulut terasa terbakar. Rasa terbakar pada lidah atau mulut ini ditimbulkan oleh senyawa capsaicinoid. Pedas yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Nah, kira-kira apa yang biasa kamu dilakukan saat kepedesan? Pasti kebanyakan dari kita langsung meminum air putih, padahal air putih justru menyebabkan rasa pedas semakin meluas. Kalau begitu, bagaimana cara menghilangkan rasa pedas tersebut? Berikut tips untuk menghilangkan pedas dalam sekejap!

1. Nasi

 

Ini yang biasa dilakukan banyak orang, yaitu dengan memakan beberapa sendok nasi mampu membantu menghilangkan rasa terbakar akibat pedas pada mulut. Hal ini dikarenakan nasi mampu menyerap rasa pedas tersebut.

2. Produk Susu

 

Susu, yoghurt maupun keju mampu menghilangkan panas di dalam mulut yang diakibatkan oleh rasa pedas. Hal ini disebabkan karena susu mengandung kasein dan capsaicin atau kandungan lemak yang ampuh meredakan rasa pedas.

3. Jus Buah

 

Efek dari makan pedas juga bisa membuat kepala terasa pusing. Jika sudah begitu berarti kamu bisa jadi sangat dehidrasi. Untuk mengatasinya segera minum jus buah untuk menetralkan pedas dan meredakan pusing di kepala kamu.

4. Gula

 healindonesia[dot]com

Ini juga merupakan salah cara mudah dan ampuh untuk membantu kamu menghilangkan rasa pedas di mulut. Dengan cara menaburkan gula ke dalam mulut dan menghisapnya, ini mampu membantu menghilangkan rasa terbakar yang disebabkan oleh makanan pedas.

5. Selai Kacang

 

Seberapa banyak dari kamu yang tau kalau ternyata selai kacang tidak hanya digunakan sebagai olesan roti lho! Namun selai kacang juga memiliki manfaat lain yaitu dapat dijadikan salah satu makanan untuk menghilangkan rasa pedas pada mulut. Seperti produk susu, kandungan lemak yang terdapat didalamnya sangat membantu menghilangkan rasa terbakar.

Bagaimana? Banyak bukan bahan makanan yang mudah kamu temukan disekitar mu yang dapat membantu menghilangkan rasa pedas? Bahkan ada bahan makanan yang tidak kita sadari sangat membantu dalam menghilangkan rasa tebakar tersebut. Jadi saat kamu kepedesan, kamu bisa coba hilangkan dengan makanan dan minuman diatas ya~

Share this Post: