Image-1502682608

Makanan dan Minuman Terbaik Penurun Kolesterol

Kadar kolesterol dalam darah merupakan sesuatu yang perlu kamu perhatikan. Kadar kolesterol yang seimbang akan memastikan bahwa tubuh kamu berada dalam kondisi fit dan prima. Sebaliknya, kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu beberapa resiko penyakit berbahaya seperti jantung koroner dan stroke.

Untuk menjaga kolesterol dalam darah, lakukan 2 langkah pencegahan. Pertama, hitunglah kadar 3 jenis kolesterol (kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan kolesterol baik) di dalam tubuh kamu. Langkah kedua, lakukan pencegahan sedini mungkin dengan mengonsumsi makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Lalu, makanan apa yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah?

1. Oatmeal Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Hingga 5.3%

 

Untuk menjaga dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan sehat mu. Penelitian mengatakan bahwa asupan oatmeal secara rutin mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekitar 5.3% dalam 6 minggu. Beta-Glutan dalam oatmeal dapat menyerap kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

2. Anggur Merah (Red Wine) Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Hingga 6%

 

Tak hanya nikmat, anggur merah juga dikenal sebagai minuman yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah studi yang dilakukan oleh Department of Metabolism and Nutrition at Universidad Complutense de Madrid di Spanyol mengungkapkan bahwa anggur merah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kamu hingga 6%. Anggur merah mengandung antioksidan yang baik untuk melawan kadar kolesterol LDL dalam darah.

3. Kacang-Kacangan Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Hingga 9.3

 

Dibalik kerenyahannya, kacang-kacangan seperti kenari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh mu hingga 9.3% menurut American Journal of Clinical Nutrition. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan seperti kenari kaya akan asam lemak omega 3 yang mampu melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Hasil ini juga terjadi pada jenis kacang lain seperti kacang mede maupun kacang almond.

4. Teh Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Hingga 10%

 

Teh bisa menjadi minuman nikmat yang bisa membantu melawan kolesterol jahat berlebih dalam tubuh kamu. Antioksidan yang terdapat dalam teh mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh mu hingga 10% menurut USDA (US Department of Agriculture). Jenis teh terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menurunkan kolesterol jahat adalah jenis teh hitam.

5. Cokelat Baik Untuk Menaikkan Kolesterol Baik Hingga 24%

 

Tak hanya nikmat, cokelat diketahui baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 24% dalam 12 minggu seperti penelitian yang dilakukan oleh AJCN pada 2007. Cokelat mengandung Plant Stenol (PS) dan Cocoa Flavanols (CF) yang berefek pada meningkatnya kolesterol baik dalam tubuh kamu. Jadi, mulailah mengonsumsi cokelat dari sekarang! 

6. Minyak Zaitun Cocok Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

 

Minyak zaitun juga dikenal sebagai bahan masak yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh kamu. Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids) yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga baik untuk kesehatan jantung kamu.

Itu tadi beberapa makanan dan minuman yang dapat kamu konsumsi untuk mengontrol kadar kolesteral mu. Dan jangan lupa untuk menyeimbangi dengan gaya hidup sehat yang jauh dari kolesterol jahat.

 

Source: https://www.lemonilo.com/blog/inilah-makanan-minuman-terbaik-penurun-kolesterol

Share this Post: