Image-1504580253

Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Kalian pasti pernah kan mengalami susah tidur, tapi apakah kamu tahu penyebabnya? Bisa jadi karena makanan yang kamu konsumsi sebelumnya yang menyebabkannya. Menurut peneliti, makanan dan minuman yang mengandung tinggi garam dan lemak dapat memengaruhi seseorang untuk sulit tidur pada malam hari.

Untuk meningkatkan kualitas tidur yang baik, pilihlah makanan yang dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin di otak.  Karena serotonin dapat membuat perasaan menjadi relaks, memperbaiki suasana hati, alhasil tidur dapat menjadi lebih nyenyak. Mau tidur lebih nyenyak? Yuk, baca daftar beberapa makanan dan minuman yang bisa membuat tidur mu lebih nyenyak.

1. Pisang

 

Pisang mengandung potassium dan magnesium yang dapat membuat otot menjadi rileks, sehingga dapat meredakan ketegangan otot. Selain itu pisang juga mengandung vitamin B6 yang berguna untuk meningkatkan dan menyusun melatonin di dalam tubuh. Dengan kandungan melatonin di dalam tubuh ini dapat mencegah terjadinya insomnia atau sulit tidur.

2. Biji-bijian

 

Makanan biji-bijian seperti beras merah, quinoa, biji rami dan beberapa lainnya mengandung triptofan tinggi di dalamnya, yang membantu memproduksi serotonin di otak. Quinoa mengandung protein tinggi dan magnesium yang bisa merelaksasi otot-otot. Kamu dapat mengkonsumsinya secara teratur saat makan malam, sehingga dapat membantu kamu bisa memperoleh tidur lebih nyenyak.

3. Sereal Gandum

 

Dalam gandum terkandung sumber vitamin B, fosfor, besi, seng dan magnesium. Kandungan mineral yang tinggi di dalam sereal gandum bermanfaat untuk membantu mengendurkan otot-otot, sehingga tidur dapat menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

4. Kacang Almond

 

Kandungan yang terdapat di dalam kacang almond berkhasiat untuk tubuh agar mampu melenturkan otot-otot tubuh dan saraf pada otak, sehingga dapat terhindari resiko tinggi insomnia. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa nutrisi di dalam kacang almond mampu menjaga kestabilan level gula darah ketika tubuh sedang tidur. Disarankan mengkonsumsi kacang almond 5-7 butir setiap hari agar memperoleh tidur yang nyenyak dan berkualitas. Almond yang kaya akan kandungan magnesium dan triptofan, kandungan inilah yang membantu proses relaksasi otot, yang memudahkan seseorang untuk tidur.

5. Sayuran Hijau

 

Sayuran hijau seperti kale mengandung kalsium tinggi yang dapat membantu mengubah asam amino di otak menjadi melatonin. Produksi hormon inilah yang membuat tubuh jadi lebih mudah mengantuk. Sayuran hijau juga kerap menjadi pilihan bagi mereka yang tidak ingin mengonsumsi susu dan produk olahannya. Dibandingkan susu, sayuran hijau memiliki manfaat yang sama membuat tidur lebih nyenyak dan rendah lemak.

6. Madu

 

Menurut penelitian, mengkonsumsi madu dapat membantu penyimpanan glikogen di hati. Saat pasokan glikogen di hati habis, maka hal ini memicu tubuh untuk memroduksi hormon stres seperti kortisol dan adrenalin, yang berakibat mengganggu tidur pada malam hari. Sehingga, peran madu disini adalah untuk melakukan penyimpanan glikogen di hati agar tetap ada saat dibutuhkan. Saat sore atau malam hari, cukup disarankan minum madu, atau minum secangkir air yang ditambahkan madu.

 

Sumber: http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2013/10/makanan-yang-membantu-tidur-menjadi.htm

Share this Post: