Image-1494391265

Makanan Tradisional Dalam Bentuk Kemasan Yang Dapat Dijadikan Oleh-Oleh

Hampir setiap orang memiliki cita-cita untuk traveling ke luar negeri termasuk mecicipi kulinernya. Walaupun kuliner di negara asing selalu menggoda untuk dicoba, namun lidah lokal tidak bisa lepas dari masakan khas Indonesia. sekarang makanan khas Indonesia sudah banyak yang dikemas dalam bentuk praktis dan siap dibawa sebagai bekal liburan. Simak yuk, biar kamu bisa siap-siap untuk bawa makanan kemasan selama liburan.

Rendang

 

Siapa yang tidak mengenal rendang? Masakan dengan bahan dasar daging sapi ini (ada yang berbahan dasar daging ayam, hati, paru, dsb) memiliki cita rasa tinggi yang selalu menjadi kuliner andalan suku Minangkabau dan juga kesayangan hampir seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, rendang juga berhasil masuk ke daftar 50 hidangan terlezat di dunia versi CNN Internasional. Sekarang kamu bisa menyantap rendang dimana dan kapan saja. Rendang kemasan dapat dengan mudah ditemukan dan siap menemani perjalanan kamu. Cukup dipanaskan, kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat.

Gudeg

 

Gudeg terkenal sebagai makanan khas Yogyakarta. Masakan ini terbuat dari nangka muda yang disatukan dengan santan yang gurih.  Kini, kamu juga bisa membawa gudeg dalam bentuk kemasan kaleng yang bisa bertahan hingga satu tahun sebagai bekal traveling. Traveling lama pun kini sudah tidak perlu khawatir.

Oseng Mercon

 

Selain gudeg, oseng mercon juga merupakan kuliner khas Yogyakarta. Masakan yang berasal dari daging dan tetelan sapi, ditumis super pedas ini juga diburu oleh banyak wisatawan. Bahkan ada wisatawan yang datang ke Yogyakarta hanya untuk sepiring oseng mercon. Saat ini, kamu bisa menyantap oseng mercon kemasan kaleng yang tahan satu tahun di manapun. Oseng mercon siap menemani perjalanan kamu hingga ke mancanegara

Sambal Goreng Krecek

 

Sambel krecek juga merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta. Sambel goreng krecek yang gurih dan pedes biasanya disuguhkan sebagai pelengkap wajib hidangan gudeg. Hal ini tidak terlepas dari rasa gudeg yang sangat manis sehingga perlu dipadukan dengan sambal goreng krecek yang gurih dan pedas. Krecek sendiri merupakan kulit sapi yang dipotong kecil-kecil dan digoreng sehingga menjadi kerupuk kulit yang dapat digunakan dalam masakan tertentu. Tidak perlu khawatir untuk masa ketahanannya, sambal goreng krecek kemasan ini dapat bertahan hingga satu tahun.

Petis

 

Petis adalah makanan khas asli dari kota Semarang. Petis dibuat dari cairan (sari) udang atau ikan dalam jumlah banyak yang dipanaskan hingga cairan kuah menjadi kental seperti saus yang lebih padat. Dalam pengolahan selanjutnya, petis ditambah dengan gula batok yang menyebabkan warna petis menjadi cokelat pekat cenderung hitam dan manis. Petis biasa dipakai sebagai penyedap pada beberapa makanan seperti rujak, lontong balap, tahu campur, tahu petis dan beberapa makanan lainnya. Saat traveling ke mancanegara, petis bisa menjadi “obat” saat kamu ingin menikmati makanan khas Semarang. 

Share this Post: