Image-1494229494

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

Coklat merupakan makanan yang paling familiar dan disukai oleh kebanyakan orang karena rasanya yang manis dan lezat. Selain bermanfaat bagi kesehatan,cokelat juga sangat baik bagi kecantikan seperti Detoksifikasi kulit, Anti-aging, Scrub Alami. Simak yuk jenis cokelatnya!

Couverture Chocolate

 

Shutterstock

 

Merupakan jenis coklat yang sering disebut “real chocolate”. Cokelat jenis ini selain cepat lumer di mulut, juga memiliki rasa “fruity” yang agak pahit. Kandungan di dalam cokelat couverture adalah cocoa mass dan cocoa butter serta gula (untuk tipe dark chocolate, sedangkan untuk milk dan white biasa menggunakan padatan susu didalamnya menggantikan cocoa powder) untuk pahit dan manisnya tergantung dari keseimbangan antar jumlah real chocolatenya dengan gula.

 

Compound Chocolate

Allbiz

 

Memiliki komposisi yang hampir sama dengan couverture chocolate namun cocoa butter yang ada digantikan oleh lemak nabati lainnya yang murah seperti minyak kelapa atau soya. Ada 3 jenis coholate compound yaitu : Dark chocolate, White chocolate, and Milk chocolate.

 

Coklat sering diidentikkan sebagai makanan yang tidak sehat, padahal coklat mengandung sejumlah zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat cokelat bagi tubuh kita:

Obat Anti Depresi

Pilihan yang tepat ketika seseorang merasa stres atau depresi adalah dengan mengkonsumsi cokelat. Ya, karena coklat memiliki kandungan senyawa serotonin yang berperan sebagai anti depresan alami.

Mencegah Penyakit Jantung

Coklat mengandung senyawa kimia yang juga dapat membantu sistem kardiovaskuler menjadi lebih lancar. Apalagi jika Anda mengkonsumsi dark chocolate, maka bisa mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Oleh karena itu, bagi Anda yang menyukai coklat akan terhindar dari resiko penyakit jantung.

Meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. Cokelat juga sekaligus dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan sendiri bagi orang yang sedang melakukan program diet. Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen, menemukan bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, daripada coklat putih. Ini artinya cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Menghambat Penuaan Dini

Dengan mengkonsumsi coklat, Anda juga bisa membantu diri Anda untuk membantu menghambat penuaan dini. Seperti mengurangi kerutan di wajah, dengan kandungan antioksidan alaminya.

Share this Post: