Image-1500257890

Manfaat dan Cara Membuat Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan minuman traditional Indonesia yang hingga dulu sampai sekarang masih menjadi idola masyarakat kita. Selain rasanya yang enak, wedang jahe juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Salah satunya adalah dapat menghangatkan tubuh.

Tidak hanya itu saja, banyak sekali manfaat dari wedang jahe yaitu:

1. Mengobati masuk angin dan batuk

Wedang jahe ini ternyata bisa untuk mengobati atau setidaknya mencegah penyakit flu pada saat waktu musim penghujan. Penyakit masuk angin dan batuk akan teratasi karena kandungan anti toksin dan anti jamur yang ada di dalam jahe.

2. Sistem pencernaan

Beberapa penelitian menemukan, bahwa jahe bisa menjadi fasilitator proses pencernaan. Jahe, disinyalir mampu mengatur kadar gula tinggi yang bisa mengganggu pencernaan. Jahe juga memiliki kandungan senyawa yang bisa meningkatkan penyerapan nutrisi dan mineral dari makanan yang telah kita makan. Dan perlu kamu tahu bahwa wedang jahe dapat menjadi obat yang cukup ampuh untuk penyakit diare, hal ini di karenakan wedang jahe termasuk dalam minuman yang menenangkan atau biasa disebut dengan sanalgesik dan nutrisi pada jahe mampu mengurangi kadar gas dalam perut serta mencegah kejang perut.

3. Meredakan sakit kepala / migrain

Wedang jahe dapat meredakan sakit kepala kandungan yang terdapat pada wedang jahe dapat menghentikan prostagladin yang merupakan sebuah faktor penyebab kepala sakit. Sakit kepala sebelah atau migrain juga dapat di atasi oleh wedang jahe yang mempunyai sifat panas.

Dari berbagai manfaat yang sudah tertulis diatas, tak ada salahnya kalau kita mengkonsumsinya dirumah donk. Mungkin kamu yang lagi mengalami masalah saki diatas, kamu bisa mencoba membuat wedang jahe sendiri dirumah untuk mengobatinya.

Cara membuat wedang jahe

Pertama siapkan dahulu bahan-bahan utamanya yaitu:

- Jahe

- Gula merah atau gula pasir sesuai dengan selara kamu

- Air

Setelah semua bahan suda siap, saatnya untuk membuatnya:

- Memarkan jahe kemudian rebus dengan air dan gulanya

- Setelah sekitar 30 menit direbus, wedang jahe sudah dapat dihidangkan

- Kamu juga dapat menambahkan susu sesuai dengan selera kamu

Itu tadi manfaat dan cara membuat wedang jahe. Cukup mudah kan cara membuatnya, tapi manfaatnya luar biasa. Selamat mencoba #omiyagoes

Share this Post: