Image-1499999557

Manfaat Dark Cokelat

Coklat merupakan makanan yang sangat populer diseluruh dunia dan menjadi favorit banyak kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Cokelat diolah dari biji kakao. Nah, Dark chocolate atau cokelat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan perhatian karena menguntungkan kesehatan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi dark chocolate, dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Banyak yang berkata, bahwa kita tidak boleh mengkonsumsi cokelat terlalu banyak karena takut gemuk. Namun perlu kamu tahu, bahwa cokelat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apasajakah itu?

1.     Kaya akan Antioksidan

Coklat hitam mengandung beberapa senyawa antioksidan seperti yang ditemukan dalam beberapa biji-bijian, buah-buahan sayuran dan kacang-kacangan. Kandungan antioksidan yang dimiliki coklat dapat menyaingi blueberry dan acai berry yang merupakan buah dengan antioksidan terkuat. Coklat hitam bahkan melampaui kualitas antioksidan yang dimiliki oleh anggur merah dan teh hijau, kita tahu bahwa keduanya merupakan sumber antioksidan terbaik.

2.    Menjaga kesehatan jantung

Coklat hitam mengandung Magnesium, vitamin E dan tembaga, yang memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung. Memenuhi asupan magnesium dapat meningkatkan fungsi jantung dan membuat darah mengalir lebih baik, sedangkan kandungan tembaga dalam coklat dapat membantu sel darah untuk menerima oksigen.

3.    Meningkatkan suasana hati

Coklat hitam merangsang produksi endorfin, merupakan zat kimia di otak yang dapat memperbaiki suasana hati. Coklat hitam juga mengandung serotonin kimia, yang bertindak sebagai antidepresi.

4.   Sumber Vitamin & mineral

Coklat hitam kaya akan kandungan mineral penting diantaranya, kalium, kalsium, magnesium, zat besi dan tembaga. Selain mineral coklat juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk memperkuat sistem imun.

5.    Menjaga berat badan stabil

Bukan jadi rahasia lagi bahwa kelebihan berat badan merupakan masalah besar bagi para wanita maupun laki-laki di berbagai negara. Namun, apakah kamu tahu kalau cokelat bisa membantu dalam memerangi berat badan? Dark chocolate termasuk dalam camilan sehat yang tidak mengandung kalori sehingga tidak akan menambah berat badan kamu secara drastis. Tapi tetap perhatikan jumlahnya dan jangan berlebihan saat mengonsumsinya ya~

 

Source:http://khasiatmanfaatsehat.blogspot.co.id/2014/04/10-manfaat-coklat-hitam-yang-sangat-mengagumkan.html

Share this Post: