Image-1494319731

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Madu merupakan cairan yang berasal dari lebah, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Madu sendiri memiliki beberapa kandungan yang baik untuk tubuh, antara lain: air, karbohidrat, vitamin B dan C, kalsium, zat besi, dan sodium.

Masyarakat kerap menggunakan madu untuk mengobati batuk, alergi, diare, dan bahkan asma. Tidak hanya itu, beberapa orang juga sering memanfaatkan madu untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti misalnya mengatasi jerawat, meredakan gatal, dan menyembuhkan luka. Selain itu, madu juga sudah diketahui banyak orang sebagai pemanis alami untuk minuman ataupun bahan makanan lainnya.

Nah, mari kita bahas lebih jelas tentang manfaat madu:

1. Mengobati Batuk

 

google

Mengonsumsi madu sebelum tidur dapat membantu mengatasi batuk kering dan berdahak secara alami, baik itu untuk orang dewasa ataupun anak berusia lebih dari dua tahun.

2. Mencegah Diabetes

 

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa madu bermanfaat untuk menurunkan diabetes. Menurut beberapa penelitian, kandungan senyawa dalam madu bisa menurunkan kadar gula darah. Meskipun rasanya manis, madu terbukti tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat. Justru kandungan di dalamnya membantu menurunkan kadar gula darah.

3. Mengobati Sariawan

 

google 

Madu memiliki sifat lembab yang dapat membantu mencegah bibir dari kekeringan. Inilah yang membuat madu cukup berkhasiat untuk mengobati panas dalam, sariawan, dan bibir pecah-pecah. Untuk mengatasi sariawan kamu bisa mengonsumsi madu rutin, atau mengoleskan ke bagian yang bermasalah. Sedangkan untuk bibir pecah-pecah, oleskan campuran lemon dan madu secara merata ke area bibir. Lakukan pengobatan ini sebelum tidur, lalu bersihkan di pagi hari dengan air hangat.

4. Melembabkan Kulit Wajah

 

tips kecantikan

Madu memiliki kandungan yang mampu mengikat zat air sehingga dapat melembabkan kulit wajah dari dalam. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu: Oleskan madu pada seluruh bagian wajah, untuk mendapatkan hasil maksimal tambahkan 2 sendok susu. Kemudian diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk halus.

5. Menghilangkan Jerawat dan Noda Bekas Jerawat

 

bebasjerawat[blogspot]

Salah satu fungsi dan manfaat madu untuk wajah dan bibir adalah untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, selain itu juga dapat menghilangkan noda bekas jerawat yang dapat merusak penampilan kamu. Cara penggunaannya pun cukup gampang yaitu dengan cara: Siapkan madu dalam kondisi hangat. Kemduian oleskan pada bagian wajah berjerawat atau pada bagian noda bekas jerawat dan diamkan selama 2-3 jam. Bilas dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk halus. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

6. Menyembuhkan Luka

Salah satu manfaat madu adalah untuk menyembuhkan luka. Yaitu dengan cara mengoleskan madu pada luka dapat mempercepat proses penyembuhannya. Madu mengandung antiseptik yakni enzim glukosa oksidase yang mampu mencegah infeksi bakteri pada kulit yang terluka. Selain itu, senyawa pinocembrin yang merupakan salah satu antioksidan yang terkandung dalam madu juga efektif dalam menangkal infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang dapat memperparah luka.

7. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

 

Antioksidan yang terkandung dalam madu dapat menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak sel jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Karena madu mengandung potassium dan zinc yang ikut berperan dalam mengatur detak jantung dan tekanan darah normal.

8. Menguatkan Akar Rambut

 

Buat kamu yang memiliki masalah rambut, mungkin kamu dapat mencoba menggunakan madu sebagai obatnya. Madu kaya akan nutrisi seperti protein dan vitamin yang dapat menutrisi akar rambut sehingga tidak mudah rontok. Gunakan masker madu yang dicampur dengan gel lidah buaya kemudian aplikasikan pada rambut untuk mengembalikan kelembutan dan kelembabannya, terutama jika rambut mudah patah dan kasar.

 

Share this Post: