Image-1494386460

Manfaat Teh Hijau Dan Teh Jahe Untuk Diet Sehat

Teh adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi. Dari sekian banyak jenis teh yang ada, teh hijau dan teh jahe diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya bagi kamu yang sedang menjalakan program diet sehat, Teh hijau dan teh jahe dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi sebenarnya, apa saja sih kandungan yang terdapat dalam teh hijau dan teh jahe? Yuk, kita bahas satu per satu ya.

Teh Hijau

 

Cara terbaik dalam menurunkan berat badan adalah membakar lemak berlebih yang ada dalam tubuh kita, salah satunya dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Di dalam teh hijau terkandung zat yang dapat meningkatkan metabolisme tersebut. Tidak hanya itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dan kafein dalam teh hijau dapat meningkatkan proses pembakaran lemak serta aktivitas insulin. Khusus untuk penderita diabetes, teh hijau dikenal dapat menstabilkan kadar gula dalam darah. Kandungan katekin dalam teh hijau juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.  

Untuk menurunkan berat badan dengan konsumsi teh hijau, kamu tidak perlu meminumnya dalam jumlah yang besar. Meminum 2 sampai 3 gelas kecil teh hijau per hari sudah dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Tentunya juga perlu mengimbangi konsumsi teh hijau dengan pola makan yang rendah lemak serta olahraga yang cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada saat penyajian, ad acara-cara tertentu yang perlu kamu ketahui. Teh hijau tidak boleh disajikan menggunakan air mendidih saat menyeduh karena panas dari air mendidih dapat merusak senyawa katekin yang terkandung pada teh hijau. Jika kamu ingin menggunakan air mendidih, diamkan terlebih dahulu selama lebih kurang 10 menit agar suhu tidak terlalu panas.

Saat menyeduh, biarkan selama satu menit agar sari teh hijau terekstraksi ke dalam air. Sebaiknya, hindari menggunakan penambahan gula dalam menyajikan teh hijau agar manfaatnya untuk menurunkan berat badan lebih lebih optimal. Kamu dapat menambahkan irisan jahe segar ke dalam seduhan teh hijau untuk menambah khasiat sebagai penurun berat badan.

Teh Jahe

 

Selain teh hijau, teh jahe juga dapat membantu program diet sehat kamu. Seperti yang kita ketahui, jahe memiliki beberapa manfaat seperti menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta meningkatkan aktivitas pencernaan dan metabolisme tubuh karena jahe mengandung enzim yang dapat memecah protein, mendorong pergerakan perut serta menyerap makanan. Manfaat inilah yang membuat teh jahe dapat digunakan untuk membantu program diet sehat kamu. Selain itu, jahe juga memiliki kandungan anti peradangan yang dapat mengurangi kelelahan pada otot akibat berolahraga seperti mengurangi bengkak di bagian luar tubuh.

Pembuatan dan penyajian teh jahe tergolong sangat mudah. Kamu hanya perlu membeli jahe segar yang kemudian dimemarkan atau diiris dan dicampurkan dengan teh biasa. Jika kamu tidak mau repot, kamu bisa membeli teh yang memiliki kandungan jahe sebagai bahan utamanya dan langsung menyeduhnya. Kamu juga dapat menambahkan irisan lemon dalam teh jahe agar mengurangi rasa jahe yang terlalu kuat. Kamu cukup mengkonsumsi teh jahe sehari sekali yang diimbangi dengan pola makan sehat serta olahraga yang teratur.

Nah, ini dia dua minuman yang dapat menunjang program diet sehat kamu. Mudah kan? Jangan lupa, tetap seimbangkan dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur ya supaya bisa dapat hasil yang maksimal!

Share this Post: