Image-1563424829

Mau Berenang Bersama Ikan Pari Manta? Di sini Tempatnya

Pic by : marine savers

Terkenal dengan kecantikan objek wisata baharinya, Indonesia memiliki gugusan pulau dan pantai yang indah membentang dari Barat hingga Timur. Omiyagoes pasti sudah mengenal beberapa pantai terkenal yang ada di Aceh hingga Bali dan Lombok kan? Belum lagi spot diving di Maluku dan Raja Ampat yang terkenal ciamik. Selain melihat cantiknya karang di dasar lautan, Omiyagoes yang hobi menyelam juga pastinya happy banget bisa berenang bersama ikan-ikan. Nah yang paling menyenangkannya lagi, bisa bertemu langsung dengan makhluk laut yang besar-besar seperti ikan pari manta yang termasuk ke dalam spesies ikan langka. Mau berenang bareng ikan pari manta? Berikut OMIYAGO kasih bocoran lima tempat untuk berenang bersama ikan pari manta. Yuk langsung disimak!

1. Nusa Penida – Bali Tenggara

foto dok : aol.co.uk

Nggak cuma pantainya yang terkenal indah, kalau Omiyagoes ke bagian Bali Tengara, tepatnya di Nusa Penida adalah tempat terbaik untuk menyelam. Memang agak jauh dari kota Denpasar, Omiyagoes harus menyebrang laut dari Pantai Sanur sekitar 45 menit. Nah, khusus tempat melihat ikan pari manta ada di Malibu Point di kedalaman 50 meter yang menjadi habitat ikan pari manta raksasa. Selain ikan pari manta, di tempat ini Omiyagoes juga bisa melihat berbagai jenis ikan besar lainnya seperti ikan mola mola yang hanya hidup di negara tropis.

2. Kepulauan Derawan – Kalimantan Timur

foto dok : scenic states

Kalimantan nggak boleh Omiyagoes lewatkan dari daftar destinasi berikutnya. Di Kepulauan Derawan, Omiyagoes bakal melihat langsung bagaimana keindahan ikan pari manta. Salah satu spot yang harus Omiyagoes kunjungi adalah Pulau Sangalaki. Kalau menyelam di perairan sedalam 4-40 meter, Omiyagoes akan ketemu pari manta yang lebarnya bisa mencapai 5,5 meter. Selain di Salangaki, Omiyagoes juga bisa berenang bareng ikan pari manta di sekitar Pulau Maratua. Menurut penduduk sekitar, waktu terbaik untuk bisa melihat Pari Manta di Kepulauan Derawan ini sekitar bulan Mei hingga Juni.

3. Taman Laut Bunaken – Manado

foto dok : Instagram 7seasjewelry

Bagi para penyelam, Bunaken sudah pasti jadi destinasi wajib atau bahkan sudah berkali-kali dikunjungi. Nggak heran, karena Taman Nasional pertama di Indonesia ini sudah jadi tujuan untuk menjelajahi kekayaan bawah laut sejak tahun 1991. Nah, seluruh kawasan perairan Bunaken ini menjadi rumah bagi ikan pari manta. Selain itu, kalau ingin menyelam ditemani penyu, tempat terbaiknya ada di kawasan Bunaken Timor. Di kawasan ini, Omiyagoes juga bisa menemukan pari elang, hiu, dan banyak ikan besar lainnya lho.

4. Pulau Komodo – NTT

foto dok : lovebigisland

Masih di kawasan Timur Indonesia, salah satu spot menarik untuk melihat ikan pari manta ada di Manta Point sekitar Pulau Komodo. Di sana, Omiyagoes bisa berenang bebas bersama ikan pari manta namun tetap harus jaga jarak. Apalagi tubuh ikan pari manta diselimuti oleh lapisan lendir yang berfungsi untuk melindungi kulitnya yang rentan. Kalau Omiyagoes menyentuhnya maka lapisan lendir itu bisa terkikis dan bisa membahayakan bagi sang pari manta. Di sekitar Pulau Komodo ini bulan November adalah waktu yang tepat untuk melihat mereka, yuk siap-siap buat berkelana ke Pulau Komodo.

5. Raja Ampat – Papua Barat

foto dok : tumblr.com

Selain menjadi salah satu spot diving terkenal dunia, Raja Ampat juga merupakan tempat berkumpulnya ikan pari manta nih, Omiyagoes. Salah satunya adalah Spot Manta Sandy di Selat Dampier yang termasuk dalam ekosistem yang dapat perlindungan khusus. Diperkirakan bulan Januari sampai Maret menjadi waktu terbaik untuk bisa melihat ikan pari manta di Spot Manta Sandy ini. Di bulan itu musimnya pari manta berkumpul, Omiyagoes bisa melihat langsung dan berenang bersama mereka, tapi jangan lupa tetap ikuti beberapa peraturan ya demi menjaga kelestariannya.

Nggak nyangka ternyata banyak tempat di di Indonesia untuk berenang langsung bersama ikan pari manta. Omiyagoes yang hobi menyelam sudah pernah kemana nih? Pastinya ingin semua tempat eksotis bawah laut tadi bisa didatangi. Jangan cuma asik nikmati liburan menyelam saja Omiyagoes, jangan lupa bawa oleh-oleh selepas liburan. Nah daripada repot bawa-bawa tentengan, beli oleh-olehnya di OMIYAGO aja. Di OMIYAGO ada banyak pilihan untuk oleh-oleh dari Bali, Kalimantan, hingga Manado. Yuk langsung ke website OMIYAGO

Share this Post: