Image-1507599855

Mau Tau Kuliner Favorit dari Tujuh Presiden Indonesia?

Bicara soal kuliner memang taka da habisnya. Tapi pernah nggak sih kamu penasaran kira-kira apa ya menu favorit dari mantan dan presiden kita Indonesia? Kalau kamu masih penasaran dengan menu istimewa yang mereka suka itu apa aja, yuk lihat daftarnya berikut ini.

1. Soekarno: Nasi Jagung

 

belajar-usaha.com

Percaya nggak sih, kalau ternyata menu favorit dari presiden pertama kita adalah Nasi Jagung. Namun, seperti yang dikatakan oleh mantan pengawal pribadinya bernama Mangil, Soekarno memang sangat menyukai menu khas desa itu. Selain nasi jagung, sayur lodeh, sayur ayem hingga sambal terasi juga jadi kesukaannya. Hidangan lain yang terbilang unik seperti Bagar Hiu dan Pais Ikan menjadi makanan favorit Bapak Proklamator saat menjalani pengasingan di Bengkulu. Wah, kamu sudah pernah coba belum?

2. Soeharto: Nasi Lodeh Hingga Mie Instan

 

hipwee.com

Tidak jauh berbeda dengan Soekarno, presiden kedua Indonesia juga menyukai makanan ala desa seperti sayur lodeh, tempe bacem dan ikan bakar. Menurut pengawal pribadinya, Soeharto memang tidak pilih-pilih soal makanan. Menu yang paling unik dan ternyata disukai oleh suami Ibu Tien ini adalah mie instan. Siapa sangka ya, ternyata mantan presiden kita juga suka dengan makanan sejuta umat itu ya! Hehehe~

3. BJ Habibie: Ayam Goreng

 

bonappetitdiary.blogspot.co.id

Meskipun pernah tinggal di Jerman dengan waktu yang cukup lama, tidak membuat BJ Habibie ini lupa dengan makanan khas Indonesia. Pasti kalian berfikir kalau makanan yang beliau sukai adalah makanan-makanan bule, tapi ternyata tidak lho! Justru yang beliau sukai adalah ayam goreng yang ada di Rumah Makan Sari Bundo Juanda. Selain itu, kuliner lain yang juga difavoritkan adalah bubur Manado dengan suwiran ikan di atasnya.

4. Abdurrahman Wahid: Masakan Padang

 

saribundo.biz

Seperti halnya BJ Habibie, mantan presiden RI satu ini juga memiliki langganan kuliner. Berada di dekat kantor PBNU Jakarta, ternyata tempat favorit Gus Dur ini adalah Rumah Makan Padang Sederhana. Sedangkan menu yang sering dipesan adalah Dendeng Batokok, Otak Sapi Gulai dan Limpa Gulai. Minuman istimewa versi mantan presiden ini adalah jus alpukat dan es teh tawar. Wah siapa nih yang juga memiliki selera seperti Abdurrahman Wahid?

5. Megawati: Ikan Bakar Khas Gianyar

 

resepkoki.com

Dibandingkan presiden sebelumnya, Megawati ternyata hobi berkuliner. Berbagai macam makanan pernah ia cicipi. Dari banyaknya menu yang pernah dicoba, ternyata anak dari Presiden Soekarno ini sangat suka dengan kuliner Bali, terutama Ikan Bakar Khas Gianyar. Hampir setiap kali berkunjung ke Pulau Dewata, Megawati tidak pernah lupa mampir ke warung ikan bakar Pak Made, Jalan Pudak desa Batubulan, Gianyar Bali.

6. Susilo Bambang Yudhoyono: Pecel dan Tahu Sumedang

 

indoindians.com

Mantan Presiden yang lahir di kota Pacitan satu ini juga memiliki makanan favorit yang istimewa. Bukan daging-dagingan, bapak dua anak ini ternyata suka dengan segala makanan dari tahu dan tempe. Ada pun kuliner lain yang menurutnya enak banget adalah pecel lele, pecel Madiun serta telur dadar. Sederhana tapi sangat istimewa. Selain itu, jajanan kesukaan SBY adalah Tahu Sumedang yang lengkap dengan cabe rawitnya.

7. Joko Widodo: Sate

 

luvinary.com

Tidak kalah istimewa seperti mantan presiden lainnya, Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa dengan Jokowi ini memiliki makanan favorit sendiri. Tidak neko-neko dalam memilih, ternyata beliau menyukai semua menu di warteg pinggir jalan. Mulai dari terong balado, tempe goreng hingga ikan teri sah jadi kesukaannya. Namun, salah satu yang paling disukai oleh bapak tiga anak ini adalah Sate yang dijual di Solo, seperti Sate Kere Yu Rebi dan Sate Buntel Bu Rejo. Wah, sudah pernah coba sate langganan Jokowi belum?

Dari semua menu yang disukai oleh mantan maupun presiden RI, semuanya Indonesia banget kan? Bahkan mereka juga tidak pilih-pilih soal makanan. Siapa nih yang memiliki selera yang sama dengan beliau-beliau ini?

 

Sumber: http://bit.ly/2xsb3M8

Share this Post: