Image-1494387877

Mengulik Kuliner Khas Aceh Yang Menggugah Selera

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki keanekaragaman tersendiri soal kuliner. Kota yang mendapat julukan Serambi Mekah ternyata juga kaya akan kuliner. Simak yuk makanan tradisional khas Aceh apa saja yang tidak boleh dilewatkan saat kamu berwisata ke Aceh.

Kuliner Aceh adalah salah satu kuliner Indonesia yang terenak dan memiliki cita rasa yang sangat khas. Bumbu-bumbu rempahnyapun begitu kuat dan beragam.

Mie Aceh

 

acehnews[dot]net

Mie Aceh adalah salah satu kuliner primadona yang selalu menjadi incaran buat siapa saja yang berkunjung ke negeri “Serambi Mekah” ini. Kepopuleran mie Aceh ini bahkan sudah sampai di kancah Internasional. Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, yakni digoreng dan kuah. Sedikit berbeda dengan mie lainnya, tekstur mie Aceh cukup tebal dan bumbunya cenderung terasa seperti kari yang gurih dan pedas. Sebagai variasi, mie Aceh disajikan dengan kepiting, daging, seafood atau campuran semuanya.

 

Sate Matang

 

negerikuindonesia[dot]com

Nama sate ini sudah bergelora di seluruh Aceh. Disebut dengan sate Matang karena berasal dari daerah Matang di Kabupaten Bireuen Aceh. Yang membuat sate ini special karena sate matang disajikan dengan cara disiram dengan kuah soto yang gurih. Kamu bisa menemukan sate ini hampir di setiap sudut jalan di Aceh.

 

Ayam Tangkap

 

harianindo[dot]com

Ayam tangkap merupakan hidangan khas spesial dari daerah Aceh Besar. Seperti namanya, Ayam Tangkap adalah masakan dengan bahan utama ayam yang telah dipotong-potong lalu dimasak tersembunyi dibalik tumpukan cabe hijau, daun pandan, dan daun kari/daun teumuru. Rasanya memang seperti ayam goreng biasa, namun ditambah dengan bumbu yang ada, ayam tangkap memiliki sensasi rasa tersendiri.

 

Kuah Sie Itek

 

seputaraceh[dot]com

Kuah Sie Itek merupakan makanan yang berbahan dasar daging itik atau bebek. Nasi gulai bebek ini memiliki rasa yang gurih. Dengan bumbu dan cara memasaknya yang khas membuat daging itik/bebek ini tidak amis serta banyak dicari oleh para pecinta kuliner yang berkunjung ke Aceh.

 

Kuah Pliek ‘U

 

negerikuindonesia[dot]com

Kuah Pliek 'U merupakan makanan khas Aceh yang melambangkan keanekaragaman dan kekerabatan masyarakat Aceh. Beragam sayuran dapat ditemukan di Kuah Pliek ‘U ini, sehingga kita serasa memakan semua jenis sayuran yang ditanam di Aceh. Makanan ini sangat populer di Aceh karena rasanya yang unik dan digemari oleh seluruh masayarakat hingga para wisatawan. Kamu bisa menemukan makanan ini hampir di setiap rumah makan yang ada di Aceh.

 

Rujak Aceh

 

Tokopedia

Jika diperhatikan rujak Aceh memiliki bentuk yang hampir sama dengan rujak lainnya. Lalu apa yang berbeda? Rujak Aceh menggunakan buah rumbia khas Aceh serta buah batok atau buah pisang muda. Makanan ini nikmat dimakan dalam keadaan dingin atau dicampur dengan es serut dengan siraman saus rujak dan dinikmati di siang hari yang terik. Menarik bukan?

 

Ungkot Keumamah

 

infokuliner[dot]com

Ungkot Kemamah merupakan masakan khas Aceh lainnya yang digemari masyarakat setempat. Selama perang Aceh melawan Belanda dulu, Ungkot Keumamah atau lebih dikenal dengan ikan kayu ini dibuat dari bahan dasar ikan tongkol yang direbus, dibalurkan dengan abu dapur dan kemudian dikeringkan (diangin-anginkan) sampai keras, lalu dipotong-potong untuk diolah. Namun, sekarang saat mengolah, abu dapur atau bahan balurannya diganti dengan tepung sagu dan dimasak menggunakan santan kelapa, cabe, kentang serta rempah khas Aceh lainnya.

 

Itulah tadi ragam makanan khas Aceh yang populer dan akan sangat disayangkan untuk kamu lewatkan. Kalau kamu mengaku pecinta kuliner, kuliner khas Aceh ini pasti akan masuk dalam daftar makanan yang harus kamu cicipi!

Share this Post: