Image-1497342227

Menu Terbaik Saat Berbuka Puasa

Buat kamu yang berpuasa, kesehatan saat berpuasa di bulan Ramadhan merupakan suatu keharusan. Agar dapat berpuasa lancar seharian, kamu harus dapat mengatur jenis makanan yang baik saat kamu sahur dan berbuka.

Setelah seharian berpuasa, kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk makan berlebihan saat berbuka puasa. Namun, sebaiknya kamu bisa menjaga komposisi makanan saat kamu berbuka agar metabolism tubuh kamu dapat berjalan baik.

Nah simak yuk makanan apa saja yang baik untuk kamu saat berbuka:

1. Kurma

 

Anjuran berbuka dengan yang manis memang bukan hal sembarangan. Namun tidak berarti kamu harus mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan saat berbuka. Kurma merupakan salah satu menu wajib saat berbuka puasa. Kurma memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung glukosa dengan kandungan kalori yang rendah yang dapat mengembalikan energy yang hilang selama berpuasa.

2. Madu

 

Madu juga memiliki rasa manis yang dapat menjadi pilihan saat berbuka. Tidak hanya manis, madu mengandung glukosa dan fruktosa serta antioksidan yang dapat mengembalikan stamina serta energi setelah seharian berpuasa. Tidak hanya itu, madu juga diketahui dapat melancarkan metabolism serta mengatasi gangguan pencernaan.

3. Air Putih

 

Saat berpuasa, tubuh akan mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk langsung meminum air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa agar cairan dalam tubuh yang hilang dapat kembali normal. Setelah itu kamu dapat melanjutkan makan makanan manis atau buah-buahan yang diakhiri dengan menu sehat setelah tarawih.

4. Buah dan Sayuran Segar

 

Selain air putih serta kurma, mengkonsumsi buah-buahan saat berbuka puasa juga sangat dianjurkan karena buah mudah dicerna oleh usus. Pilihlah buah yang mengandung banyak air seperti semangka untuk mengatasi dehidrasi serta pisang dan papaya yang kaya akan serat. Tidak hanya buah, kamu juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi sayuran hijau karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, vitamin dan zat besi yang berguna bagi tubuh.

5. Menu Sehat

 

Setelah berbuka puasa dengan air dan kurma maupun buah-buahan kamu dianjurkan melakukan sholat maghrib terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi makanan utama. Saat menyantap makanan utama, disarankan untuk mengkonsumsi makanan berkuah untuk membantu hidrasi tubuh. Makanlah juga ikan ataupun daging sebagai pendamping nasi karena kandungan proteinnya yang tinggi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat berpuasa.

Nah, inilah beberapa jenis makanan yang baik kamu konsumsi saat berbuka. Semoga puasa Ramadhan tahun ini dapat berjalan lancer dan dipertemukan dengan puasa Ramadhan di tahun depan.

Share this Post: