Image-1565865683

Menu Unik dari Berbagai Daerah untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

Pic by : apelphotography

Memasuki pertengahan tahun, ada yang spesial nih buat masyarakat Indonesia. Yup! Ada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau biasa yang disebut 17-an. Acara yang selalu dirayakan setiap tanggal 17 Agustus ini biasanya dimeriahkan dengan lomba-lomba unik. Selain lomba yang diadakan di lingkungan rumah dan sekolah, ada juga acara makan bersama yang juga kerap diadakan di beberapa daerah di Indonesia sebagai acara syukuran. Nah, beda daerah tentu punya menu yang berbeda juga nih, Omiyagoes. Apa aja ya menu khas kemerdekaan? Langsung aja simak rangkuman OMIYAGO berikut ini. 

1. Nasi Tumpeng - Jawa

foto dok : food spot

Kuliner khas Indonesia yang satu ini pasti selalu ada di acara selametan termasuk saat perayaan 17 Agustusan. Nama tumpeng sendiri merupakan singkatan yang diambil dari bahasa Jawa “Yen Metu Mesti Mempeng” yang artinya “Ketika Keluar Harus Sungguh-Sungguh Bersemangat”. Nilai filosofis Tumpeng yang disajikan saat perayaan 17 Agustusan bisa dilihat dari bentuk kerucut nasinya yang berarti tetap bersatu utuh. Aneka lauk pauk yang berisi 7 macam juga punya makna khusus nih Omiyagoes! Dalam bahasa Jawa, 7 disebut "pitu" berasal dari kata "pitulungan" yang memiliki arti pertolongan. Jadi cocok banget dong kalau tumpeng dijadikan simbol yang penuh semangat untuk perayaan 17 Agustusan.

2. Bandros – Jawa Barat

foto dok : ringkaskata.com

Disebut sebagai kue rakyat, makanan khas Jawa Barat ini sangat mencerminkan kesan jajanan yang merakyat nih, Omiyagoes. Bandros adalah makanan dengan bahan dasar campuran tepung beras, kelapa parut dan santan yang dihidangkan dengan taburan gula pasir. Pedagang bandros hampir tidak pernah absen saat perayaan 17 Agustusan. Nggak heran jika bandros selalu menjadi kuliner wajib 17-an, walau di keseharian kue Bandros juga bisa ditemui sebagai jajanan sekolah. Kue Bandros makin nikmat kalau dinikmati selagi hangat lho Omiyagoes!

3. Telok Pindang - Palembang

foto dok : pictame

Kuliner asal Palembang ini merupakan telur yang direbus dengan cara dipindang. Telok pindang ini juga dimasak dengan daun salam, daun jambu atau kulit bawang merah dan serai. Makanya nggak heran aroma dan rasa dari telur pindang yang khas ini pun akan tercium keluar. Kenapa Telok Pindang jadi makanan khas 17 Agustusan? Karena di Palembang sendiri sudah jadi tradisi di mana sederetan pedagang Telok Pindang akan menjajakan makanan khas ini. Bahkan pemerintah daerah setempat juga membuat festival untuk jenis makanan ini saat Hari Kemerdekaan RI. Wah, menarik banget ya Omiyagoes?

4. Ayam Goreng Paniki – Manado

foto dok : ada kuliner

Dari Manado ada menu Ayam Goreng Paniki yang juga populer dijadikan menu khas 17 Agustusan karena rasanya yang spesial banget untuk bagi orang Manado. Bisa dikatakan bumbunya yang gurih bisa menyaingi olahan ayam goreng dari daerah lain untuk disajikan bersama Tumpeng 17 Agustusan. Menu Ayam Goreng Paniki ini terbuat dari ayam kampung yang diolah dengan santan, jahe, serai, daun jeruk, dan aneka rempah-rempah khas. Makanya nggak kalah enak dengan jenis olahan ayam goreng Nusantara lainnya. Ayam Goreng Paniki memiliki aroma wangi yang sangat menggugah selera dan enak dimakan bersama nasi tumpeng.

5. Kohu-Kohu – Maluku

foto dok : masakan nusantara

Omiyagoes yang suka makan sayur pasti bakalan suka juga dengan Kohu-Kohu khas dari Maluku! Mirip dengan sayuran urap dari Jawa tapi yang membuatnya berbeda adalah tambahan ikan yang menjadi salah satu bagian penting komposisi masakan ini. Biasanya Kohu-Kohu yang bahan-bahan sayurnya serupa urap dengan tauge, kangkung, kacang panjang, kelapa parut, timun, daun kemangi rebus dan ditambahkan juga ikan teri basah, tongkol kukus atau pindang. Sementara bumbunya terdiri dari kencur, bawang merah, cabe, bawang putih dan bumbu lainnya. Di Maluku, Kohu-Kohu biasanya disajikan saat perayaan adat, pernikahan, dan perayaan 17 Agustusan. Biasanya warga setempat menikmatinya dengan pelengkap singkong rebus.

Wah, ternyata perayaan 17 Agustusan di berbagai daerah ada kuliner uniknya ya, Omiyagoes! Bahkan di beberapa daerah hingga bagian Timur Indonesia. Kalau Omiyagoes akan menyajikan menu apa untuk memeriahkan acara 17 Agustusan tahun ini? Omiyagoes juga bisa mncoba berbagai makanan dan camilan unik khas dari penjuru Nusantara lho, yuk langsung cek di OMIYAGO.

 

Share this Post: