Image-1493784645

Minuman Herbal Penghangat Tubuh

Musim hujan sedang berlangsung, terkadang menyebalkan karena nggak bisa keluar rumah dan cuaca dingin kadang bikin kamu jadi malas beraktivitas. 

Nah untuk menjaga tubuh kamu saat musim dingin, berikut beberapa makanan dan minuman yang nikmat jika di makan saat musim hujan yang dapat memberi kamu kehangatan.
 
 
Bandrek

Pas lagi dingin begini memang cocok untuk minum yang hangat-hangat seperti contoh Bandrek. Bandrek merupakan minuman tradisional orang Sunda yang berasal dari Jawa Barat yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Bahan dasar Bandrek yang paling utama adalah jahe dan gula merah, namun di beberapa daerah biasanya penyajiannya ditambahkan rempah-rempah lainnya untuk memperkuat efek hangat yang diberikan seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung dsb.

Selain untuk menghangatkan tubuh, di Indonesia, Bandrek dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, masuk angin, dsb. Di Bandung sendiri biasanya penjual menambahkan sejumput kerokan kelapa untuk menambah cita rasa dari Bandrek itu sendiri. Rasanya yang khas dan manfaat yang terkandung di dalamnya membuat Bandrek menjadi salah satu pilihan minuman yang dapat kamu nikmati disaat musim hujan begini.

 

Bajigur

Bajigur merupakan minuman yang khas dari Jawa Barat. Minuman ini sangat cocok disajikan ketika musim penghujan karena bajigur dapat menghangatkan tubuh. Minuman yang satu ini tidak sama seperti wedang bandrek yang tebuat dari jahe, karena wedang bajigur ini tebuat dari bahan dasar santan, gula merah atau gula jawa, vanili bubuk, serta ditambah sedikit garam.

Dalam penyajiannya, bajigur seringkali ditambah dengan sedikit potongan buah kolang-kaling, dan juga dihidangkan bersama dengan kacang rebus atau ubi rebus. Seiring dengan perkembangan jaman, Bajigur dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk yang tinggal diseduh dengan air panas. Tujuannya agar dapat dinikmati secara praktis kapanpun, dimanapun.

 

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh merupakan minuman traditional alami khas Yogyakarta yang terbuat dari bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal yang unik. Wedang Uwuh lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan panas atau hangat, memiliki rasa manis pedas dengan warna merah cerah. Rasa pedas ini berasal dari bahan jahe sedangkan warna merah berasal dari secang.

Wedang uwuh termasuk minuman khas yang sangat populer khasiatnya, karena bahan-bahan yang terdapat dalam wedang uwuh ini banyak sekali manfaatnya, seperti: menurunkan kolesterol, kaya antioksidan.

 

Sekoteng

Minuman tradisonal asli nusantara ini tidak hanya populer di daerah Jawa, tetapi sudah menjadi minuman berkhasiat untuk menambah daya tahan tubuh yang telah terkenal ke daerah-daerah lainnya di Indonesia. Sekoteng merupakan minuman hangat yang terdiri dari racikan air jahe dan paduan rempah lainnya, biasanya berisikan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Nah, seiring dengan perkembangan jaman, Sekoteng kini dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk yang tinggal diseduh dengan air panas.

Itulah beberapa referensi minuman yang cocok kamu nikmati saat musim hujan agar tetap hangat tubuhmu. Untuk minuman yang lain yang mungkin kamu coba, kamu bisa cek disini.

Share this Post: