Image-1494318264

Oleh-Oleh dari Indonesia Yang Selalu Dicari

Kita ketahui bahwa Indonesia memiliki beragam keunikan oleh-oleh dari setiap daerahnya. Dari barang-barang yang unik hingga makanannya yang khas. Nah, cek yuk oleh-oleh khas dari Indonesia yang selalu dicari!

1. Makanan Khas

 

Indonesia terdiri dari berbagai daerah yang beragam. Begitupun dengan makanan khasnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki beberapa jenis makanan khas yang wajib kamu beli saat sedang berkunjung. Seperti Yogyakarta, gudeg dan bakpia adalah makanan yang wajib kamu cicipi saat berplesir kesana. Bukan hanya Yogyakarta loh, Padang misalnya. Dari Padang kamu bisa membeli rendang juga keripik singkong balado yang wajib dicicipi. Jadi, pastikan kamu mencicipi atau membawa oleh-oleh makanan khas yang ada di daerah yang kamu kunjungi di Indonesia.

2. Batik

 

Siapa yang tidak mengenal Batik Indonesia? Batik Indonesia sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Saat ini, Batik tidak hanya sebagai pakaian adat atau pakaian yang digunakan dalam acara-acara khusus. Batik juga sudah banyak di design menjadi lebih fashionable. Sudah banyak artis luar negeri yang menggunakan Batik sebagai pakaiannya sehari-hari maupun di acara besar, seperti Paris Hilton, Adele, Kai dan Sehun EXO serta masih banyak artis-artis lainnya yang bangga mengenakan batik Indonesia

3. Wayang

 

pinterest

Selain batik, wayang juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Ada beberapa jenis wayang di Indonesia, mulai dari wayang kulit hingga wayang golek. Selain dapat dimainkan saat pertunjukkan, wayang juga dapat dijadikan sebagai hiasan di rumah. Banyak wisatawan mancanegara yang membeli wayang ke negaranya dan dijadikan oleh-oleh.

4. Miniatur

 

Ya, miniatur merupakan barang-barang unik dan antik yang dijadikan sebagai salah satu pilihan oleh-oleh. Biasanya miniatur dibuat disesuaikan dengan ciri khas dari daerah tersebut. Seperti Yogyakarta yang membuat miniatur seperti becak, bajaj, delman, dan masih banyak lagi. Barang-barang ini biasanya dibuat dari kayu atau besi yang memberikan ciri khas dari Indonesia.

5. Aksesoris

 

Bagi para wanita, aksesoris merupakan salah satu hal penting untuk menunjang penampilan sehari-hari. Di Indonesia sendiri memiliki beragam aksesoris khas nusantara di setiap daerahnya. Mulai dari kalung manik khas Toraja, aksesoris kayu dari Jepara, kalung mutiara Lombok, hingga kerajinan perak dari Yogyakarta.

Ternyata, banyak ya oleh-oleh khas Indonesia yang sangat luar biasa? Maka, banggalah menjadi Indonesia :)

Share this Post: