Image-1493802224

Oleh - Oleh Khas Lombok Yang Wajib Kamu Coba

Belakangan ini semakin banyak wisatawan yang bepergian ke Lombok karena memiliki pantai yang sangat indah yaitu Pantai Senggigi. 

Yuk, intip makanan dan minuman apa sajakah itu?

Kopi Etnic 

Merupakan salah satu kopi dengan cita rasa yang nikmat dari Indonesia bagian tengah yaitu Lombok. Termasuk dalam kalangan kopi Robusta, yang memiliki aroma dan rasa yang kuat, memberikan efek sulit tidur dan detak jantung berlebihan serta cocok untuk penderita diabetes. Selain itu, kopi ini diproduksi tanpa menggunakan bahan kimia sehingga aman untuk dikonsumsi.


Bebek dan Ayam Taliwang

Merupakan olahan dari bebek dan ayam yang diramu dengan bumbu-bumbu khas yang kemudian dibakar sehingga memberikan cita rasa yang kuat.

Pada proses pembuatannya, bebek dana yam diungkep terlebih dahulu menggunakan api kecil selama beberapa saat agar bumbu lebih meresap serta bebek dana yam menjadi lebih empuk. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan makanan khas Lombok yang lain, seperti plecing kangkung.

 

Sambal Terasi Taliwang

Sambal Terasi Taliwang adalah adalah salah satu sambal khas Lombok yang banyak digemari oleh masyarakat setempat karena memiliki aroma terasi yang khas dengan sensasi pedas yang luar biasa. Sambal Terasi Taliwang ini sering digunakan sebagai pendamping untuk menyantap ayam bakar taliwang, ikan bakar rarang, dsb. Sambal inipun dijadikan salah satu pilihan oleh-oleh khas Lombok yang wajib dibawa saat mengunjungi Pulau ini.

 

Kerupuk Paru

Kerupuk Paru adalah salah satu panganan tradisional yang juga banyak digemari masyarakat. Kerupuk Paru bisa digolongkan ke dalam makanan kecil kelas premium karena harganya terbilang relatif mahal. Ini dapat dipahami karena bahan yang digunakanpun tidak sembarangan, yaitu paru sapi pilihan. Paru sapi harus segar dan berkualitas baik agar citarasa yang dihasilkan juga memuaskan. Paru yang bagus biasanya berwarna merah muda dan tidak berair.

Untuk membuat Kerupuk Paru, paru sapi direbus terlebih dahulu hingga matang. Setelah ditiriskan, paru diiris tipis agar terasa renyah saat dimakan. Ketebalan irisan paru harus diperhatikan untuk menjaga kerenyahannya. Paru sapi tersebut kemudian digoreng dengan lumuran tepung yang telah diberi bumbu. Bagi pecinta kerupuk maupun paru, Kerupuk Paru merupakan salah satu pilihan camilan yang wajib dicoba dari Lombok.

Selain dari beberapa makanan khas Lombok diatas, kamu juga bisa explore oleh-oleh khas Lombok lainnya disini.

Share this Post: