Image-1501560856

Paket Spesial Manado

Hi Omiyagoes, masuk di bulan baru nih. Seperti biasa, bulan baru berarti paket baru dong dari Omiyago hehe.. Untuk bulan Agustus ini, Omiyago ada Paket Spesial Manado lho! Sudah tau dong gimana enaknya masakkan Manado? Manado identik dengan masakkan pedas dan masakkan hasil lautnya, tapi jangan khawatir buat kamu yang tidak suka pedas karena di dalam paket ini juga ada yang manis-manis.

Penasaran dengan isinya? Yuk, lanjut baca ulasan berikut.

1.     Rica Roa

Rica Roa merupakan salah satu masakan khas dari Manado yang kelezatannya sudah tidak diragukan lagi. Rasanya sangat khas karena menggunakan bahan dasar ikan roa yang sudah melalui proses pengasapan serta rempah-rempah pilihan. Rica Roa biasanya identik agak basah karena pada saat pemrosesan menggunakan minyak yang agak banyak. Namun, bau dan aroma yang khas dari pengasapan ikan roa selalu sukses menggoda lidah para penggemar pedas.

2.    Sambal Roa Judes

Buat kamu yang suka makan pedas, wajib coba nih sambal yang satu ini. Rasa pedasnya sangat menggugah selera makan. Dibuat dari ikan roa yang dimasak dengan rempah-rempah pilihan.

3.    Cakalang Saus

Cakalang Saus merupakan salah satu masakan khas Manado yang berbahan dasar ikan cakalang dengan bumbu-bumbu pilihan dan dimasak berdasarkan resep yang sudah turun temurun. Memiliki rasa yang sangat gurih, enak dan nikmat sehingga tidak heran banyak wisatawan yang mencari Cakalang Saus ini untuk dijadikan salah satu pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Manado.

4.   Ikan Tuna Saus Woku

Woku adalah masakan khas manado, yang diambil dari nama Daun Woka. Dalam sejarah kulinernya, daun woka dijadikan alas memasak masakan yang kaya akan aneka rasa dan aroma rempah. Masakan ini terutama menggunakan bahan dasar seafood (ikan, kepiting/rajungan, udang, cumi) tapi ada juga yang menggunakan ayam. Ada dua versi woku yaitu Woku Belanga (dimasak berkuah dengan belanga/panci) atau woku daun (dimasak kering dengan bungkus daun seperti pepes). Bumbu yang digunakan dua versi ini sama, hanya cara memasaknya aja yg beda. Ikan Tuna Saus Woku cocok dijadikan oleh-oleh karena sudah dikemas kedalam kaleng yang aman untuk dibawa kemana-mana.

5.    Halua Kenari

Halua Kenari adalah salah satu jajanan khas Manado, Sulawesi Utara. Halua Kenari atau dalam bahasa Inggris disebut “Java Almond Fudge” merupakan camilan yang sangat digemari oleh masyarakat setempat. Sesuai namanya, Halua Kenari dibuat menggunakan bahan utama kacang kenari yang tumbuh subur di Sulawesi Utara. Dalam proses pembuatannya, kacang kenari ini dibungkus dengan gula merah yang telah dilebur dan didinginkan hingga kering. Kuliner yang memiliki tekstur agak kasar dan berbentuk seperti gula-gula kacang ini terkenal dengan rasanya yang manis dan aromanya yang khas dari kacang kenari. Inilah yang membuat Halua Kenari menjadi salah satu oleh-oleh yang cukup digemari.

6.    Abon Cakalang

Jika biasanya abon itu dari dari daging sapi, kali ini abon dari bahan dasar ikan cakalang. Selain rasanya yang enak, Ikan Cakalang juga merupakan salah satu sumber protein hewani dengan kandungan omega-3 yang dibutuhkan tubuh.

7.    Kue Bangket Cokelat

Kue Bangket/Bangkit pada awalnya merupakan kue tradisional khas Melayu yang sudah merambah ke Indonesia. Dinamakan kue Bangket/Bangkit karena ukuran dari kue ini setelah matang dan dikeluarkan dari oven bisa berukuran dua kali lipat dari ukuran adonan semula.

 

Tekstur Kue Bangket sangat halus dan gampang remuk. Kue Bangket akan lumer di dalam mulut dan mempunyai rasa yang renyah ketika dikunyah. Rasanya yang manis menjadi daya tarik bagi anak-anak ataupun orang dewasa. Oleh karena itu menjadikan Kue Bangket menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang ketika berkunjung ke Manado.

8.    Abon Ikan Tuna

Satu lagi nih abon yang terbuat dari ikan, Abon Ikan Tuna.

9.    Bagea

Bagea merupakan salah satu kue tradisional dari Sulawesi yang menggunakan sagu sebagai bahan utama serta bahan tambahan seperti kenari, kayu manis, gula dan berbagai rempah. Biasanya Bagea berbentuk bulat dan berwarna cokelat pucat. Meskipun sedikit keras namun Bagea kerap dijadikan sebagai salah satu pilihan oleh-oleh yang wajib dibawa. Rasa yang gurih dan tidak terlalu manis serta didominasi potongan kenari menjadi ciri khas tersendiri dari Bagea. Kue kering Bagea ini, bisa bertahan cukup lama dengan penyimpanan yang rapi, sehingga dapat dinikmati di waktu senggang dengan teh atau kopi.

Share this Post: