Image-1494323314

Produk Baru Omiyago - Lapis Surabaya

Mungkin sebagian besar dari kamu sudah pernah makan kue yang satu ini. Ya, Lapis Surabaya merupakan salah satu kue yang sangat terkenal di Indonesia. Bentuk nya yang cantik dengan tekstur lembut (mirip sekali dengan kue lapis legit) dan rasa yang lezat mampu membuat tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak anak terpikat dengan kue satu ini. Oleh karena itu kue ini merupakan salah satu kue yang wajib dibawa pulang ketika berkunjung di Surabaya.

Kue ini berbentuk berlapis-lapis sesuai dengan namanya, yang biasanya lapisannya paling bawah kuning, kemudian cokelat dan kuning lagi. Biasanya hanya ada rasa cokelat dan keju, namun kini kue lapis ada beberapa variant rasa seperti Keju Kismis dan Kenari. Yang membedakan hanya campuran bahannya saja, soal rasa semua sama-sama enaknya.

Tapi, apakah kamu tahu bagaimana cara membuat kue lapis? Kenapa bentuknya bisa berlapis-lapis namun warnanya tidak tercampur? Berikut omiyago jelasin ya buat kamu.

Cara membuat kue lapis:

Siapkan terlebih dahulu bahan untuk lapisan kuning, :

-      100 gram tepung terigu protein rendah

-      20 butir telur (ambil kuningnya saja)

-      200 gram gula pasir

-      200 gram butter

-      50 gram margarin

-      1 sdt vanili

Diatas merupakan bahan untuk 2 lapisan kuning ya.

Jika bahan untuk lapisan kuning sudah selesai, kemudian siapkan untuk bahan lapisan cokelat:

-      40 gram Tepung terigu protein sedang

-      10 butir Telur (ambil kuningnya saja)

-      100 gram Gula pasir

-      100 gram Butter

-      25 gram Margarin

-      10 gram Coklat bubuk

-      1 sdm Pasta coklat

-      Selai Stroberi secukupnya

Jika bahan-bahan sudah siap semua, kemudian bersiaplah untuk membuatnya:

-      Kocok margarin dan butter sampai mengembang serta berwarna pucat kira-kira selama 5 menit.

-      Campur gula pasir dan kuning telur dan kocok menggunakan mixer selama 15-20 menit sampai mengembang. Gunakan speed mulai paling rendah sampai tertinggi secara bertahap.

-      Masukkan campuran gula pasir dan kuning telur sedikit demi sedikit dengan margarin dan butter. Gunakan mixer kecepatan rendah supaya tercampur rata.

-      Campurkan tepung terigu dan vanili. Aduk menggunakan spatula. Untuk adonan lapisan coklat, campur dengan cara sama tepung terigu dan bubuk coklat juga pasta coklat.

-      Panaskan oven sampai suhu 190°C. Siapkan loyang. Lapisi permukaan loyang dengan mengoleskan margarin lalu tutup dengan kertas baking. Lapisi kertas baking dengan margarin.

-      Tuangkan adonan ke dalam loyang (setengah tinggi loyang). Panggang dalam oven selama 20 menit menggunakan api kecil. Tambahkan 5 menit lagi menggunakan api yang agak besar sedikit. Tusuk kuenya ntuk mengetahui sudah matang atau belum.

Dinginkan kue sebelum disusun. Lapisi dengan selai strawberry dan susun dengan menempatkan lapisan coklat di tengah. Rapikan dengan memotong bagian pinggir kue. Kue siap disajikan.

Gimana, menurut kamu gampang nggak cara membuatnya?

Kalau masih merasa kesulitan, check aja disini

Share this Post: