Image-1511145839

Resep Membuat Sayur Asem

Bagi masyarakat kita pasti sudah tidak asing lagi yang namanya sayur asem. Sayur yang diolah dengan beragam sayuran ini memiliki rasa yang khas yaitu asem, pedas dan segar. Gampang sekali untuk mendapatkan sayur ini, hampir disetiap warung nasi di Indonesia kita dapat menemukannya. Biasanya sayur asem dimakan dengan ikan asin, tempe dan tahu goreng, dan sambel terasi.

Untuk membuat sayur asem pun tak cukup sulit, bahan sangat mudah. Jadi buat kamu yang ingin membuat sayur asem sendiri dirumah, namun tidak tahu bagaimana cara membuatnya, kamu bisa meniru resep membuat resep sayur asem berikut ini.

 Pertama-tama siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sayur asem:

-      3 buah jagung manis, potong-potong

-      Melinjo

-      Kacang tanah

-      Kacang panjang ptong-potong sepanjang korek api

-      1 buah labu siang dikupas dan potong dadu

-      3 buah cabai hijau potong serong

-      Daun melinjo muda

-      Satu setengah ruas lengkuas, memarkan

-      3 lembar daun salam

-      3sdm air asam Jawa

-      2 liter air

Siapkan bumbu untuk dihaluskan:

-      5 siung bawang merah

-      4 siung bawang putih

-      2 caba merah

-      Garam secukupnya

-      Terasi secukupnya dibakar

-      1 sdm gula merah disiris halus

Jika semua bahan dan bumbu sudah siap, saatnya mulai memasak:

  1. Pertama, rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan bahan yang masaknya lama seperti jagung, melinjo, dan kacang tanah. Rebus hingga semua bahan menjadi matang dan empuk.
  2. Selanjutnya, masukkan bumbu diatas yang sudah dihaluskan, daun salam, dan lengkuas serta cabai hijau yang telah dipotong serong. Aduk hingga rata.
  3. Setelah air mendidih kembali, masukkan sayuran yang lebih lembek seperti kacang panjang, daun melinjo, dan labu siam. Masak semua bahan sayuran tersebut hingga menjadi empuk dan matang.
  4. Dan, terakhir adalah masukkan air asam jawa, garam, dan irisan gula merah. Aduk-aduk sayuran dan cicipi sampai sudah menghasilkan rasa yang pas sesuai selera.
  5. Setelah semua terasa nikmat dan matang, angkat sayur asem dan siap untuk disajikan.

Cukup mudah bukan resep untum membuat sayur asam? Sebagai tambahan, untuk menghidangkan sayur asam lebih nikmat, sajikan sayur asem dengan ikan asin, tempe goreng, dan sambal terasi. Selamat berkreasi Omiyagoes~

Share this Post: