Image-1494391969

Selain Rendang, Berikut 5 Kuliner Khas Padang Yang Menggugah Selera

Siapa yang tidak suka dengan masakan Padang. Omiyago rasa hamper semua masyarakat Indonesia menyukai masakan khas Minangkabau. Yang menjadi juara adalah rendang, 

Sate Padang

 

masteresep.com 

 

Ini juga merupakan salah satu makanan yang terkenal dari wilayah Sumatera Barat. Bahkan kamu pun dapat menemukan makanan ini di daerah luar Sumatera Barat. Makanan yang terbuat dari daging sapi atau daging kerbau, kadang ada juga yang dibuat dari lidah sapi atau jeroan yang disiram dengan saus kuning. Saus kuning ini berasal dari campuran tepung beras dengan kaldu jeroan, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas akar, jinten, bubuk kari dan garam. Rasanya sangat lezat.

 

Dendeng

  

Dendeng merupakan makanan khas Padang yang dibuat dari dari sapi yang dipotong tipis-tipis, dibuang lemaknya, dibumbui dengan saum asam, manis, atau asin lalu dikeringkan dengan api kecil lalu dijemur. Kemudian dimasak kedalam dua jenis dendeng yaitu dendeng balado dan dendeng lado ijo atau biasa disebut dengan dendeng batokok. Dendeng balado adalah dendeng yang dimasak dengan cabai merah sedangkan dendeng batokok adalah dendeng yang dimasak dengan cabai hijau. Supaya daging lebih lembut, biasa setelah diiris tipis daging sapi dipukul-pukul dengan batu cobek.


Itik Lado Mudo

 

Beberapa dari kita juga da yang menyebutnya dengan Itik Lado Ijo, merupakan gulai bebek muda yang direndam dengan cabe hijau khas Bukittinggi. Cara memasaknya yaitu dengan merebus bebek muda hingga semalaman supaya bebek menjadi sangat empuk dan hilang bau amisnya, serta membuat bumbunya semakin meresap sampai ke serat dagingnya. Rasanya sangat pedas, dan cocok untuk mengahangatkan tubuh bagi masyarakat yang tinggal di Bukittinggi dengan suhu yang dingin. Untuk tampilannya juga cukup unik, yaitu bumbunya benar-benar banyak, sangking banyaknya bebek seperti terlihat berenang didalam bumbu.


Ikan Bilih

 

Jika di minang, bilih berarti “bilis”. Ikan Bilih berupakan ikan air tawar yang dapat kamu temukan di danau Singkarak. Kamu dapat mengolah ikan ini menjadi berbagai macam masakan seperti dibuat sambal bilih, balado, atau kamu goreng kering begitu saja juga enak. Rasanya gurih serta memiliki kandungan protein yang tinggi.


Asam Padeh

 

 food.detik.com

Padeh berarti “pedas”, jadi asam padeh merupakan masakan yang bercitarasa asem dan pedas khas Minangkabau. Biasa dibuat dari bahan utama, seperti ikan tongkol, kakap, tuna, gurame, bahkan cumi-cumi yang kemudian dibumbui dengan asam jawa, cabe, dan berbagai rempah lain kemudian dimasak. Masakan ini biasa ada kuahnya, jadi rasanya sangat segar perpaduan antara asem dan pedas.

Terlihat sedap-sedap semua ya? Rasanya tak sabar ingin mencobanya.

Share this Post: