Image-1494401246

Tips Aman Menikmati Kuliner Saat Traveling

Menikmati kuliner lokal biasanya menjadi salah satu rangkaian traveling, apalagi traveling ke destinasi wisata yang belum pernah didatangi sebelumnya. Eat what locals eat, istilah yang sering digunakan para penikmat kuliner untuk menikmati makanan lokal seperti penduduk asli daerah tersebut.

Menikmati kuliner lokal biasanya menjadi salah satu rangkaian traveling, apalagi traveling ke destinasi wisata yang belum pernah didatangi sebelumnya. Eat what locals eat, istilah yang sering digunakan para penikmat kuliner untuk menikmati makanan lokal seperti penduduk asli daerah tersebut. Rasa local food di pasar tradisional terkadang memang lebih menggoda. Namun, kebanyakan kita tidak mengetahui kondisi daerah yang kita kunjungi sehingga ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hunting kuliner lokal. Berikut beberapa tips versi Omiyago:

Referensi

 

Sebelum kamu mencicipi kuliner lokal, kamu bisa melakukan pencarian lokasi atau testimoni orang terhadap tempat makan yang akan kamu kunjungi. Kamu juga bisa menemukan beberapa informasi melalui group traveling, group kuliner, majalah atau menanyakan ke kerabat atau teman yang sudah pernah berkunjung dan mencicipi makanan ditempat tersebut.

Menu

 

Kamu bisa memilih menu yang direferensikan atau direkomendasikan orang lain dari tempat makan yang akan kamu datangi. Namun, kamu juga bisa menanyakan langsung ke pelayan tempat makan tersebut, menu apa yang menjadi menu favorit di tempat tersebut.  Khusus bagi traveler Muslim, kamu bisa menanyakan lebih detail bahan yang digunakan pada menu tersebut. Namun hal ini biasa ditemui di lokasi yang penduduk mayoritasnya non Muslim. Tap tenang saja, sudah banyak tempat makan atau café yang memasang logo “Halal” untuk lebih mempermudah.

Harga

 

Di beberapa daerah, segelintir pedagang makanan suka memanfaatkan keadaan untuk menjerat para wisatawan. Terkadang kita akan menemukan tempat makan yang tidak menyediakan daftar menu dengan harga dari makanan yang dijual. Situasi seperti ini yang suka dimanfaatkan para penjual makanan dengan memberi harga berkali-kali lipat dari yang seharusnya. Jadi, pastikan kamu bertanya terlebih dahulu kepada penjual harga dari menu yang akan kamu pesan.

Kebersihan

 

Kamu hanya bisa melihat kebersihan di sekitar penjual makanan karena kamu tidak bisa menilai higienis makanan yang kamu ingin pesan. Pastikan saja kebersihannya cukup agar kamu tidak terserang penyakit.

Alkohol

 

Selain makanan, sejumlah daerah juga memiliki minuman khas. Beberapa diantaranya ada yang mengandung alkohol. Buat kamu yang tidak pernah atau tidak terbiasa minum alkohol, hindari minuman jenis ini karena tidak baik untuk bagi tubuh terlebih pada saat kamu sedang berwisata.

Itulah sejulah tips dari Omiyago. Selamat traveling sambil berwisata kuliner ya!

Share this Post: