Image-1503973674

Tips Mengatasi Ngantuk di Kantor

Tiba-tiba ngantuk di kantor, tapi pekerjaan masih menumpuk? Rasa kantuk yang menyerang menyebabkan kamu susah untuk fokus dan menyelesaikan pekerjaan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tetap terjaga selama di kantor. Berikut tujuh hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap 'melek' dan fokus di kantor.

1. Rubah Posisi Duduk

Jika kamu merasa ingin tertidur, berusaha tetap sadar dengan duduk tegak. Karena duduk tegak dapat mengatasi rasa kantuk. Sebuah studi dari jurnal Health Psychology menemukan bahwa postur dapat mempengaruhi tingkat energi kamu. Orang-orang yang duduk tegak merasakan langsung lebih energik dan bersemangat daripada mereka yang duduk merosot atau membungkuk di meja mereka.

2. Berenti Sejenak

Berhentilah sejenak dari segala aktivitas kegiatan kalian di kantor, ambil-lah nafas panjang dan posisikan tubuh kalian agar benar-benar relax. Pertama-tama tariklah nafas panjang dari hidung lalu keluarkanlah secara perlahan-lahan melalui mulut. Lakukanlah kira-kira selama 5-10 menit. Kalian juga bisa mengkombinasikannya sambil memijit-mijit perlahan dahi kalian supaya tidak pusing lagi dan segar kembali.

3. Mencuci Muka

Ini cara terampuh yang biasa kita lakukan. Jangankan ngantuk orang lagi tidur aja bisa bangun kalau mukanya kena air. Silahkan pergi ke toilet lalu cari wastafel untuk mencuci muka kalian sehingga kalian bisa mengatasi rasa kantuk kalian saat berada di kantor.

4. Pejamkan 5 menit

Mata yang terlalu sering digunakan karena terlalu banyak melihat layar komputer akan menyebabkan mata kering dan iritasi. Jadi pejamkanlah mata kalian selama 5 menit untuk menghilangkannya.

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari otak, yang dapat membuat mu tetap terjaga. Studi menunjukkan bahwa musik juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi mu lho!

6. Minum Kopi

Ini biasa yang pertama kali orang lakukan ketika merasa ngantuk di kantor, yaitu minum kopi. Karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu kamu tetap terjaga. Coba untuk meminum kopi atau teh daripada meminum minuman berenergi. Tapi minum kopi dengan dosis yang ekstrim tentunya akan berbahaya juga bagi kesehatan mu, jadi buatlah kpi dengan kadar yang secukupnya ya.

7. Ngemil

Nah, buat kamu yang tiba-tiba merasa ngantuk atapaun lagi bosan di kantor kamu bisa mencoba menghilangkan rasa kantuk dan bosan kamu dengan cara ngemil. Coba ngemil yang pedas atau manis, karena rasa pedas dapat membantu kamu untuk tetap melek dan rasa manis dapat membantumu untuk mengembalikan mood kamu. Banyak camilan dari seluruh Indonesia yang dapat kamu temukan di Omiyago.

Share this Post: